Sajiansedap.com - Tahun 2023 ini KitKat® kembali menyelenggarakan kompetisi KitKat® Breakreasi Design Challenge Vol. 2 menggunakan tagar #DiIndonesiaAja.
Event ini sebagai kelanjutan kerja sama antara KitKat® dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, di bawah payung co-branding “Wonderful Indonesia”.
Melalui kompetisi ini, KitKat® meluncurkan enam kemasan terbaru spesial pariwisata bertemakan desa wisata, acara tradisional, dan aktivitas travelling yang merupakan hasil desain karya anak bangsa.
Dimulai pada 2022, kompetisi yang merupakan agenda tahunan ini menjadi wadah bagi anak muda Indonesia untuk terus berkarya, sekaligus merangkul talenta baru di bidang ekonomi kreatif, khususnya desain.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, “Sektor swasta turut berperan dalam peningkatan dan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, seperti yang dilakukan oleh KitKat®."
Kompetisi KitKat® Breakreasi Design Challenge Vol.2 #DiIndonesiaAja, lanjut Sandiaga, turut mendukung Kemenparekraf RI dalam mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya mengangkat kebudayaan di Indonesia.
"Saya berharap kompetisi ini dapat melahirkan talenta dan karya-karya yang mengharumkan negara kita, Indonesia baik nasional maupun internasional,” ujar Sandiaga dalam sambutannya.
Baca Juga: Resep Membuat Kitkat Cake, Si Manis yang Pasti Jadi Rebutan
Baca Juga: Ajak Si Kecil Membuat Pisang Goreng KitKat di Rumah, Mudah, Unik dan Seru Banget
ADA BREAK ADA KITKAT, KALAU BREAK #DIINDONESIAAJA
Mengusung semangat #DiIndonesiaAja, Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia Sufintri Rahayu mengungkapkan, “Penyelenggaraan kompetisi ini merupakan bentuk komitmen PT Nestlé Indonesia sebagai perusahaan yang telah beroperasi lebih dari 50 tahun di Indonesia untuk turut mendukung visi dan misi Kemenparekraf RI."
Sufintri berharap, program yang dilaksanakan KitKat® dapat turut mendorong pelestarian budaya lokal, memajukan sektor pariwisata dalam negeri, serta mendukung peningkatan daya saing UMKM di Indonesia, termasuk sektor bisnis dan pariwisata.
"Selain itu, tentunya selamat kepada para pemenang KitKat® Breakreasi Design Challenge Vol.2 #DiIndonesiaAja," kata Sufintri.
Peserta kompetisi tahun ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.
Sebanyak 602 desain dari seluruh Indonesia diseleksi oleh tim juri yang terdiri dari Kemenparekraf RI, KitKat®, Ilustra See (Ilustrator), Adrianka Anka (Digital Creator), dan Naela Ali (Ilustrator).
Business Manager Confectionery PT Nestlé Indonesia Pritha turut mengatakan, “Melalui kompetisi Breakreasi Design Challenge Vol.2 #DiIndonesiaAja, saya berharap anak muda Indonesia lebih mengenal budaya dan pariwisata dalam negeri, sehingga dapat mendorong mereka untuk memilih ‘break’ atau liburan #DiIndonesiaAja."
Kompetisi di tahun kedua ini menghadirkan dua kategori lomba yaitu Individu dan Tim, dengan tema desa wisata, acara tradisional, dan aktivitas travelling.
Setelah melalui tahap seleksi oleh para juri, terpilih para pemenang Kategori Individu, yaitu Emira Bunga Ramadhan, Arif Rachmad Wijanarko, dan Ervina Mugi Astari.
Kategori Tim dimenangkan oleh Muh. Ayub Tahang dan Kurnia Afdillah, Ameerakhaiya Syamsuar dan Amarrakhaisya Syamsuar, serta Shakira Talitha Bryliana Fajar dan RP Hero Wijaya.
Baca Juga: [Video] Resep Membuat Pisang Goreng Kitkat, Si Kecil Saja Sampai Ogah Jajan Lagi
KEMASAN EDISI SPESIAL #DIINDONESIAAJA DICETAK 2,5 JUTA BUAH
Emira Bunga Ramadhan, Pemenang Utama 1 Kategori Individu mengatakan, “Tidak menyangka karya saya terpilih sebagai salah satu pemenang kemasan KitKat® edisi khusus pariwisata."
Kekayaan budaya Indonesia sungguh menginspirasi dalam menyalurkan hobi desain Emira, salah satunya Kampung Minang Nagari Sumpu dari Sumatera Barat.
"Semoga kompetisi ini dapat terus berlanjut menjadi sarana bagi para desainer muda untuk terus berkarya dalam memperkenalkan budaya Indonesia, tidak hanya bagi masyarakat Indonesia tetapi juga mancanegara,” ujar Emira.
Hal yang sama juga disampaikan Muh. Ayub Tahang dan Kurnia Afdillah, Pemenang Utama 1 Kategori Tim.
“Kami sangat bersemangat mengikuti kompetisi KitKat® Breakreasi Design Challenge Vol.2 #DiIndonesiaAja tahun ini, terutama ada Kategori Tim. Kami semakin antusias dalam menuangkan berbagai inspirasi menjadi satu melalui tema kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam."
Dalam pengerjaan desain ini, Ayub dan Kurnia bertujuan memperkenalkan Pesona Hiu Taka Bonerate di Sulawesi Selatan kepada para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk dijadikan salah satu pilihan berlibur di Indonesia.
Sekaligus meningkatkan rasa bangga akan kekayaan alam sekaligus mengajak masyarakat untuk turut serta dalam melestarikan budaya Indonesia.
Desain kemasan KitKat® Breakreasi spesial pariwisata #DiIndonesiaAja ini akan dicetak dalam kemasan KitKat® multipack (6x17g), KitKat® 4F (35g), dan KitKat® Travel Pack dengan total 2,5 juta buah, yang akan tersedia di minimarket terdekat dan toko souvenir mulai 15 Agustus 2023, selama persediaan masih ada.
Source | : | PT Nestle Indonesia |
Penulis | : | Intan Yusan S |
Editor | : | Intan Yusan S |
KOMENTAR