SajianSedap.com - Siapa yang di rumahnya sudah pakai token listrik?
Selain bisa melihat kapan habisnya, pengisian token listrik ke meteran pun cukup mudah.
Kita tinggal beli token listriknya di pengisian terdekat ataupun di e-commerce.
Tapi, ada saja kalanya kita temui kegagalan dalam mengisi token listrik, khususnya dialami oleh para pelanggan baru.
Lalu, bagaimana cara mengatasi token listrik gagal masuk ke meteran, ya?
Sebagai informasi, token atau pulsa listrik adalah 20 digit angka yang dimasukkan ke meter prabayar saat melakukan isi ulang listrik.
Token listrik menjadi salah satu sistem pembayaran prabayar yang mudah untuk digunakan karena dapat memperkirakan penggunaan listrik.
Meski begitu, pelanggan bisa saja mengalami gangguan pada meteran seperti gagal memasukkan angka dari token listrik.
Dilansir dari Kompas.com, ada beberapa faktor yang menyebabkan token listrik gagal dimasukkan ke meteran PLN.
Berikut penyebabnya:
- Pemohonan dari pelanggan yang belum terselesaikan.
Contohnya perubahan daya sehingga proses permohonan perlu diselesaikan dulu
- Melakukan kesalahan saat memasukkan token listrik
- Sistem meter prabayar sedang dalam periode pembaruan atau update
- Terjadi kesalahan teknis instalasi dengan dibuktikan keterangan "periksa" pada layar meteran PLN.
Selain itu, penyebab lain dari token listrik gagal diinput adalah reject, used, dan over.
Reject terjadi karena pengisian token listrik gagal dilakukan.
Pengguna listrik prabayar diminta untuk memasukkan kembali token listrik.
Sedangkan used terjadi karena token listrik yang dimasukkan sudah terpakai.
Pengguna listrik prabayar diminta untuk mengecek token listrik yang sebelumnya mereka input.
Jika kendala masih terjadi, hubungi PLN 123 supaya petugas datang ke rumah melakukan pengecekan.
Adapaun over terjadi karena daya listrik isi ulang melewati kapasitas listrik pada meteran PLN.
Pengguna listrik prabayar diminta untuk melakukan tambah daya dengan cara menghubungi PLN 123.
Perlu diketahui bahwa token listrik tidak mempunyai masa kedaluwarsa dan bisa digunakan selama nomor kWh meter sama dengan pembelian.
Berikut cara melaporkan masalah gagal input token listrik ke PLN secara online:
Unduh aplikasi PLN Mobile Buka menu "Pengaduan"
Pilih "Permasalahan kWh meter Pasca Bayar dan Pra Bayar"
Pilih ID pelanggan yang terdaftar
Jika lokasi sudah sesuai, klik "Kirim Pengaduan".
Petugas PLN akan mendatangi rumah pengguna listrik prabayar setelah mereka menyampaikan laporan.
Langkah lain yang dapat ditempuh oleh pelanggan adalah menghubungi layanan 123 milik PLN.
Berikut langkah-langkahnya:
Buka menu Telepon di HP.
Masukkan kode telepon daerah + 123.
Tunggu hingga nada berdering.
Pilih menu untuk melakukan pengaduan layanan.
Sampaikan kepada petugas bahwa token listrik gagal masuk.
Petugas akan memeriksa data yang tercatat.
Petugas akan memberikan arahan seperti pemeriksaan hingga beberapa hari.
Catat nomor laporan sebagai bukti pengaduan pelanggan.
Berikan nomor rumah atau nomor HP aktif untuk petugas agar dapat menghubungi kembali.
Petugas akan menghubungi kembali pelanggan apabila laporan telah diproses atau masalah dalam pengembangan petugas teknis.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Masuk ke Meteran".
KOMENTAR