Sajiansedap.id - Sukses di dunia entertainment sebagai aktor serba bisa nyatanya tidak membuat Baim Wong puas.
Hal ini dibuktikan dari giatnya lelaki bernama asli Muhammad Ibrahim ini menjalankan bisnis kulinernya.
Bisnisnya ini bahkan bukan merupakan kegiatan ikut-ikutannya melihat kesuksesan artis lain di bidang bisnis kuliner.
Buktinya, Ia bahkan sudah lebih dulu berkecimpung di bisnis ini.
Dirinya sudah berbisnis kuliner, tepatnya di bidang sajian mi ayam sejak tahun 2007 silam.
Bahkan, baru-baru ini Baim memulai bisnis barunya berupa oleh-oleh khas Kota Yogyakarta, yaitu bakpia.
Baca Juga : Gawat Banget, Begini Reaksi Tike Priatnakusumah Saat Disangka Pretty Asmara Oleh Pegawai Kedai Kopi
Bagikan Tips Bertahan di Bisnis Kuliner
10 tahun sukses menjalankan bisnis kuliner menurut Baim merupakan keberkahan yang luar biasa.
Pasalnya, menurut aktor kelahiran 27 April 1981 ini bisnis kuliner merupakan bisnis yang susah-susah gampang.
Bisnis kuliner memang sering kali digadang-gadang sangat menjanjikan, namun tidak jarang juga bisnis ini menyebabkan kerugian yang luar biasa.
Untuk menghindari kerugian tersebut, Baim membagikan tips agar dapat bertahan di bisnis ini.
Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis kuliner agar tetap dicintai oleh pelanggannya.
Inovasi Menjadi Kunci
Di tengah persaingan bisnis kuliner yang begitu ketat, Baim membocorkan salah satu hal penting bagi pebisnis kuliner.
Hal tersebut adalah inovasi.
Menurutnya, dengan menghadirkan sebuah inovasi, bisnis kuliner yang sedang dijalankan akan lebih menarik perhatian pelanggan.
Dengan menghadirkan sesuatu yang baru, pelanggan akan merasa penasaran untuk mencoba dan membeli 'barang jualan' tersebut.
Ia juga menegaskan bahwa inovasi yang dilakukan tidak hanya sekali, tapi harus dalam jangka waktu yang sering dan tidak mengikuti tren.
Baca Juga : Yuk, Sajikan Bola-Bola Tahu Goreng Sebagai Pelengkap yang Fancy Untuk Malam Ini
Inovasi yang dibicarakan oleh Baim ini juga berhubungan dengan apa yang disebutnya sebagai bisnis pintar.
Artinya, pelaku bisnis kuliner harus memiliki kemampuan untuk melihat potensi bisnis yang ada.
"Istilahnya harus ada aksi refresh karena kita selalu ada di era baru yang selalu memiliki hal baru," ujar Baim.
Memiliki Harga yang Murah
Tidak hanya inovasi, menurut Baim ada satu hal lagi yang membuat bisnis kuliner bisa bertahan di tengah terpaan persaingan yang luar biasa.
Yaitu, makanan yang dijual harus memiliki harga yang murah.
"Saya sudah 10 tahun, sejak 2007 berbisnis kuliner. Kuncinya konsisten, inovasi, dan harga yang murah," ujar Baim.
Baca Juga : Dituduh Mencuri Kalkun, Pria Ini Geram Hingga Bunuh 8 Orang Keluarganya! Begini Kejadiannya
"Ini tuh seperti bagaimana kita memproduksi produk dengan harga yang murah," lanjutnya.
Baim juga menegaskan walaupun memiliki biaya produksi yang murah dan dijual dengan harga yang juga murah, tidak berarti produk makanan memiliki kualitas rendah.
Seperti yang disebutnya sebagai bisnis pintar, pengusaha kuliner juga harus mensiasati bagaimana agar biaya produksi bisa murah sehingga harga jual tidak harus tinggi.
"Bisa kerja sama dengan penyedia bahan baku atau bisa juga mencari bahan-bahan yang murah dengan kualitas tinggi," ujar Baim.
"Intinya harus kreatif dalam hal ini, jangan lupa konsisten juga," pungkasnya.
Baca Juga : Serasa Liburan Di Bali, Kalau Ada Sate Lilit Bumbu Rica Sebagai Santap Malam Nanti
Baca Juga : [Video] Tidak Perlu Beli! Spesialkan Momen Istimewa Keluarga dengan Resep Banana Cake Antigagal
Penulis | : | Ellytarahma |
Editor | : | Raka |
KOMENTAR