Enggak Pake Capek! Ada, Kok, Cara Mudah Menyalakan Arang untuk BBQ

By Virny Apriliyanty, Kamis, 28 Desember 2017 | 04:39 WIB
Enggak Pake Capek! Ada, Kok, Cara Mudah Menyalakan Arang untuk BBQ (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.grid.id -  Pekerjaan paling melelahkan saat pesta BBQ mungkin adalah menyalakan arang. Semua tenaga harus dikerahkan untuk mengipasi arang yang tidak mau menyala-nyala. Belum lagi, panasnya api dan debu yang bertebangan. Wah, butuh kesabaran ekstra, deh, untuk menyalakan arang. Itu sebabnya, orang suah mulai menyalakan arang satu jam sebelum BBQ dimulai. Kebayang, kan, lelahnya?

      Sebenarnya memang tidak ada cara instan menyalakan arang. Soalnya, bahan bakar satu ini memang harus dijadikan bara dulu agar bisa mematangkan daging dengan panasnya. Tapi tenang, ada kok cara mudahnya. Memang masih memakan waktu, tapi yang pasti, cara di bawah ini membuat kita bebas lelah dan juga bebas dari rasa kesal karena arang yang tak kunjung menyala,

1. Manfaatkan Api Kompor

      Coba deh, manfaatkan api kompor di rumah untuk menyalakan arang dengan mudah. Caranya, ambil beberapa buah arang yang cukup besar, lalu bakar dulu di atas api kompor. Arang bisa diletakkan di atas rak kawat atau pada alat pangganan yang seperti capit. Biarkan arang terbakar di atas kompor sampai menjadi bara.

      Setelah menjadi bara, baru letakkan arang ini pada wadah pembakaran, lalu tambahkan arang-arang lainnya. Segera kipasi sehingga arang yang sudah jadi bara tadi bisa memanaskan arang-arang lain. Dengan begini, pekerjaan pun jadi lebih mudah.

(Baca juga: Jangan Panik! Ini Tips Jika Terkena Luka Bakar Saat Memasak)

(Baca juga: Tips Membuat Puding Lapis Cantik Ini Dijamin Antigagal dan Siap Memukau)

2. Gunakan Torch

      Tahukah kamu apa itu torch? Torch adalah alat penyembur api yang khusus digunakan pada makanan. Bentuknya seperti alat las. Nah, api pada torch ini bisa kita manfaatkan sebagai cara mudah menyalakan arang. Caranya, tinggal semburkan api torch terus menerus ke arang. Nantinya, arang akan terbakar dan menjadi bara.

(Baca juga: Agar Tempe Goreng Bisa Super Renyah Dan Gurih, Ini Tipsnya)

(Baca juga: Enggak Akan Gagal Lagi Bikin Capcay Kuah Enak Kalau Pakai Resep Ini)

3. Tambahkan Minyak