Makanan Sehat Tak Harus Ribet! Simak 3 Tips Praktis Ini

By , Kamis, 28 Februari 2019 | 18:23 WIB
Makanan sehat bisa dibuat dengan tidak ribet. (Sharp)

Sajiansedap.com - Kesibukan masyarakat di perkotaan cenderung menghasilkan gaya hidup yang tidak sehat. Mulai dari kurangnya berolahraga, kurang waktu istirahat, serta mengkonsumsi makanan yang tidak bernutrisi, bahkan cenderung kaya karbohidrat, gula, dan lemak sehingga menimbulkan masalah lain seperti kegemukan, diabetes, dan darah tinggi.

Oleh sebab itu, dibutuhkan kesadaran penuh dan tekad dari diri sendiri untuk tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga dan menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dari makanan dan minuman.  Dalam pelaksanaanya tentu tidak mudah, apalagi di tengah kesibukan kita beraktifitas. Kita harus menemukan cara untuk tetap berolahraga serta mengolah makanan sehat secara praktis, cepat, mudah dan tetap lezat.

Nah, berikut adalah tiga tips mengolah makanan secara praktis yang tetap lezat, sehat,  serta memenuhi nutrisi yang dibutuhkan sehari–hari:

1. Awali hari dengan sarapan

Banyak orang yang melewatkan sarapan dengan berbagai alasan. Namun, sarapan merupakan hal yang sangat penting untuk memulai hari. Jika selama ini Anda melewatkan sarapan dengan alasan tidak memiliki waktu untuk membuatnya, pilihlah sarapan yang sederhana tapi bernutrisi.

Misalnya saja dua butir telur orak-arik dengan sayur. Anda hanya membutuhkan telur, garam, dan sayuran seperti wortel atau buncis. Namun, bagi Anda yang menginginkan menu yang lebih berat bisa memilih oatmeal dengan potongan buah segar, seperti pisang dan strawberi.

Bisa juga bisa memilih sarapan roti tawar dengan selai kacang. Pilihlah roti tawar gandum yang mengandung lebih banyak serat. Jika tidak menyukai rasa gandum yang sedikit hambar, Anda bisa memanggangnya dengan menggunakan Toaster. Pastikan menggunakan toaster yang dapat memanggang 2 lembar roti sekaligus untuk menghemat waktu.

Toaster KZ-2S02-BK dari Sharp Toaster Series

2. Bawa bekal makanan sehat dari rumah

Makanan yang dimasak di rumah sudah pasti lebih sehat dibandingkan membeli makanan di luar. Hal ini dikarenakan Anda tahu betul apa saja yang ada di dalam makanan tersebut. Mulai dari belanja, bumbu, hingga cara memasaknya sudah terjamin kebersihannya.

Meski demikian, bukan berarti Anda dapat memilih makanan yang berlemak, seperti gorengan. Gorengan mengandung lemak jenuh yang tidak baik jika dikonsumsi setiap hari. Selain itu, lemak jenuh juga terkandung dalam daging merah, susu, produk olahan susu, dan santan. Oleh sebab itu, pilih-pilih menu sehat untuk bekal Anda.

Untuk memasak makanan dengan metode yang sehat tanpa menggoreng atau membakar, Anda bisa mencoba memasak menggunakan Automatic Cookware yaitu alat masak otomatis tanpa menggunakan api tapi dengan induksi yang menghasilkan uap panas dari kelembapan yang terkandung dalam makanan itu sendiri. Dengan demikian, nutrisi antioksidan, seperti vitamin C dan asam folat, akan tersimpan lebih banyak dibandingkan dengan memasak cara biasa. Anda pun akan menikmati rasa asli dari makanan tersebut dengan kandungan banyak nutrisi.