Siapa Sangka, Penjual Sabun Colek Keliling ini Sekarang Jadi Salah Satu Orang Terkaya Di Indonesia & Bos Mi Instan, Kekayaannya Sampai 11 Triliun!

By Raka, Rabu, 11 Desember 2019 | 17:15 WIB
Dari berjualan sabun colek, sosok ini jadi salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan 11 triliun rupiah! (Kolase tribunnews & tokopedia)

Siapa Sangka Penjual Sabun Colek Keliling ini Sekarang Jadi Orang Terkaya Di Indonesia & Bos Mi Instan, Kekayaannya Sampai 11 Triliun!

SajianSedap.com - Dulunya berjualan sabun colek demi sesuap nasi, sosok ini sekarang jadi orang terkaya di Indonesia.

Bahkan ia juga mulai merambah mi instan.

Tak heran, kini total kekayaannya mencapai 11 triliun rupiah!

Baca Juga: Bunga Rampai Restaurant In Cikini, Where Your Extravagant Experience Is Beautifully Spent

Menjelang akhir tahun Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia.

Diantara 50 orang terkaya Indonesia, muncul nama Harjo Sutanto.

Harjo Sutanto merupakan orang terkaya tertua asal Surabaya, Jawa Timur.

Berjuang jualan sabun colek

Diketahui, usia Harjo Sutanto kini menginjak 93 tahun.

Kekayaan yang dimiliki tercatat sebesar 810 juta dollar AS atau senilai Rp 11,3 triliun.

Harjo Sutanto memiliki perusahaan Wings Group.

Namun,tentu saja kekayaan yang ia dapatkan kini tak berjalan mulus.

Baca Juga: Niat Gelar Pernikahan Mewah Bak Film Twilight, Terkuak Sumber Kekayaan Boy William, Dari Presenter Sampai Jadi Bos Restoran!

Berawal dari berjualan sabun colek, Harjo Sutanto meniti karirnya hingga menjadi orang sukses seperti sekarang.

Sumber pundi-pundi kekayaannya bermula dari usaha sabun colek.

Bersama rekannya Johannes Ferdinand Katuari, Harjo Sutanto mengawali kiprah bisnisnya sebagai sales sabun keliling pada 60 tahun yang lalu.

Dia menjual dagangannya dari rumah ke rumah di Jawa Timur.

Mengutip situs resmi Wings Group, saat baru berdiri tahun 1949, Wings Group awalnya bernama Fa Wings.

Perusahaan ini memproduksi sabun colek secara rumahan.

Distribusinya pun masih terbatas.

Dipasarkan dari rumah ke rumah, dan dari kampung ke kampung di Surabaya.

Tak disangka, karena merupakan produk kebutuhan dasar, sabun colek mereka laku keras di Jawa Timur.

Baca Juga: Kini Kaya Raya dan Terkenal, Artis Ini Dulunya Disepelekan Karena Ibunya Cuma ART sampai Dikucilkan Satu Desa 'Aku Pernah Benci Sama Tuhan'

Saat itu, sabun colek merupakan produk baru yang tak ditemui di daerah lain.

Dengan cepat, sabun colek mampu bersaing dengan sabun deterjen atau bubuk yang sudah lebih dulu mendominasi pasar.

Harga sabun colek juga lebih murah lantaran biaya produksinya yang lebih rendah.

Melalui promosi yang gencar, kepraktisan dan harga terjangkau, membuatnya cepat populer dalam beberapa tahun di Indonesia.

Saat ini, Wings Group, menjadi salah satu perusahaan pembuat sabun terbesar di Indonesia.

Rambah bisnis makanan dan minimarket

Tak hanya sabun, perusahaannya kini merambah ke berbagai sektor usaha lain seperti deterjen, pembersih toilet, pembalut, shampo, pasta gigi, dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya.

Wings Group juga aktif berekspansi ke bisnis makanan dan minuman (food and beverage) dengan memproduksi mie instan, saus, minuman bubuk, dan kopi.

Wings Group sendiri menjadi salah satu perusahaan yang memiliki jalur distribusi yang sangat kuat.

Produk mi instan dari Wings Groups

Produknya hampir sangat mudah ditemui di hampir seluruh toko di Indonesia.

Baca Juga: Sempat Telan Pil Pahit Hingga Depresi Karena Gagal Menikah, Kehidupan Artis Cantik Ini Kini Berubah Manis Setelah Dinikahi Pengusaha Kaya

Sejumlah merk produknya juga relatif sudah sangat familiar di Indonesia.

Selain memproduksi kebutuhan rumah tangga, Wings Group juga merambah bisnis minimarket.

Lewat anak usahanya, PT Fajar Mitra Indah, perusahaan mengoperasikan jaringan toko Family Mart.

#GridNetworkJuara