Sering Dilakukan, Makan Siang Di Meja Kantor Justru Membawa Dampak Buruk, ini Alasannya
SajianSedap.com - Membawa bekal ke kantor menjadi pola yang kini semakin digemari masyarakat.
Selain mengurangi dampak plastik, membawa bekal juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.
Baca Juga: Resep Kembang Kol Masak Aroma Seledri Enak, Bikin Makan Siang Jadi Lebih Meriah
Hal ini lantaran kita bisa mengatur sendiri bahan dan bumbu yang ada dalam masakan tersebut.
Meski terhitung baik, tapi sebaiknya tidak mengonsumsi bekal makan siang di meja kantor.
Bahkan hal tersebut bisa membawa dampak buruk bagi karyawan.
Ternyata hal ini yang menjadi alasannya.
Benda yang tidak boleh ada di meja kerja
Anda mungkin berpikir makan siang di meja kerja adalah keputusan bijak.
Namun, hal ini ternyata bisa mengganggu produktivitas kerja.
Dalam sebuah artikel NPR tahun 2015, Profesor Kimberly Elsback dari University of California memberikan penjelasan tentang hal ini.
Baca Juga: Resep Ayam Bakar Bumbu Serai Enak, Spesial Untuk Menu Makan Siang Di Akhir Pekan
Baca Juga: Resep Kering Kentang Kari Pedas Enak Bikin Makan Siang Lebih Lengkap
Baca Juga: Resep Kerang Mentega Saus Tiram Enak, Menu Makan Siang Ala Resto yang Bisa Kita Buat Sendiri
Menurut dia, kreativitas dan inovasi sering terjadi ketika seseorang mengubah lingkungannya.
Khususnya, ketika mereka ke luar ruangan dan bersinggungan langsung dengan alam.
Jadi, cobalah untuk tidak menyantap makan siang di meja kerjamu, dan pergi ke luar kantor ketika jam istirahat.
"Berdiam di dalam ruangan dan lokasi yang sama akan merusak kemampuan berpikir kreatif tersebut," ujar Elsback.
Selain itu, terdapat sejumlah benda yang sebaiknya tidak boleh ada di meja kerja.
Artikel ini berlanjut setelah video berikut ini.
1. Tas
Meletakkan tas di atas meja kerja memiliki dua sisi mata pisau.
Anda tentu tak punya pilihan lain jika kantor Anda tak memiliki loker atau tempat yang pas untuk meletakkan tas dan lebih baik menaruh tas di atas meja ketimbang di lantai.
Namun, Barbarino menyarankan Anda tak meletakkan tas di atas meja kerja, apalagi jika tas dibiarkan terbuka.
Baca Juga: Resep Peyek Udang Enak, Menu Pelengkap Spesial Untuk Makan Siang
"(Kebiasaan itu) membuat Anda tampak ceroboh dan mengundang perilaku yang tak diinginkan," ujar Barbarino.
2. Atribut politik
Menjelang pemilu, Anda bisa saja sangat mendukung salah satu pihak yang akan Anda pilih dalam pesta demokrasi.
Ini terkait pula dengan isu-isu yang diusung yang kemudian menarik perhatian Anda.
Namun, jangan pajang atribut politik apapun di meja kerja Anda.
Sebab, hal ini tidak patut dilakukan di lingkungan pekerjaan dan Anda terlihat tidak profesional.
3. Mainan
Tracy Tibbels, manajer HR di Werners Enterprises menuturkan, di kantornya ada seorang pegawai yang meja kerjanya dipenuhi mainan karakter Teenage Mutant Ninja Turtle alias Kura-kura Ninja.
Setiap orang yang berjalan melewati meja kerjanya merasa mainan yang dipajang itu sedikit berlebihan.
Baca Juga: Resep Trancam Sayuran Dan Tahu Enak, Menu Pelengkap Bergizi Untuk Makan Siang
Menurut dia, memajang mainan di meja kerja membuat Anda terlihat tak dewasa dan menodai citra profesional Anda.
"Persepsi manajemen terkait hal ini adalah dia belum siap untik maju ke level karier berikutnya, yang berdampak dia melewati kesempatan promosi (jabatan)," terang Tibbels.
4. Deodoran, kosmetik, dan sikat gigi
Kecuali jika Anda bekerja di bidang pengujian produk, barang-barang seperti deodoran, kosmetik, dan sikat gigi sebaiknya tidak diletakkan di meja kerja.
Barbarino menuturkan, jika diletakkan di atas meja, produk-produk ini malah akan tidak bersih.
"Meskipun penampilan itu penting, hal ini sebaiknya tak jadi fokus utama. Produk perawatan diri yang diletakkan di meja menciptakan kesan Anda lebih peduli dengan penampilan ketimbang pekerjaan," ujar Barbarino.
Kalaupun Anda harus menyimpan produk-produk tersebut, simpanlah di laci meja kerja.
5. Banyak tempelan kertas
Dalam sebuah survei tahun 2017 yang dilakukan OfficeTeam, ditemukan bahwa lebih dari separuh manajer senior mengatakan meja kerja yang berantakan, mudah menciptakan distraksi adalah hal yang menyebalkan dari ruangan kerja karyawan.
Ini termasuk banyaknya tempelan kertas.
Baca Juga: Kumpulan 5 Resep Tumis Tempe, Sajian Kilat Super Nikmat Untuk Makan Siang
Salah satu hal untuk menciptakan kesadaran visual adalah menyingkirkan tempelan-tempelan kertas di meja kerja Anda.
Gantilah dengan buku catatan dan pena untuk mencatat semua agenda dan tugas dalam satu tempat.