Resep Membuat Martabak Gulung Rasa Red Velvet, Innovasi Cemilan Baru Untuk Menemani Waktu Senggang

By Yussy Maulia, Senin, 26 Oktober 2020 | 16:39 WIB
Martabak Gulung Red Velvet (Dok. Indomilk Kental Manis)

SajianSedap.com – Siapa yang tidak tahu martabak? Makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu ini dijuluki sebagai “Pancake of Asia” karena dapat ditemukan di banyak negara Asia, seperti Arab Saudi, Yemen, Kuwait, Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, dan Indonesia.

Namun cara penyajiannya bervariasi di setiap negara. Misalnya saja, di Brunei, bentuknya seperti martabak telur di Indonesia tetapi minus filling atau isi. Martabak ala Brunei disajikan bersama saus kari pedas.

Sementara itu, di Malaysia dan Singapura, martabak diisi dengan daging ayam, sapi, atau kambing dan disajikan bersama saus kari, saus tomat, atau acar bawang.

Di Indonesia sendiri ada dua jenis martabak, yaitu martabak manis dan martabak telur—varian dengan rasa asin serta bentuk mirip martabak di Malaysia dan Singapura. Martabak telur biasanya berisi campuran telur, daging sapi atau ayam, dan daun bawang yang dibalut dalam adonan tepung. Sedangkan martabak manis berbentuk seperti kue panekuk tebal yang diisi dengan berbagai macam isian manis.

Namun, tahukah Anda bahwa martabak manis yang populer saat ini merupakan hasil akulturasi budaya Indonesia dengan Tionghoa? Resep kue ini diciptakan oleh etnis Hakka (Khek) dan pertama kali dikenal di Bangka Belitung dengan sebutan Hok Lo Pan.

Baca Juga: Resep Martabak Mini Enak, Kudapan Mungil yang Pas Untuk Malam Hari

Oleh sebab itu, jangan heran jika Anda sering menemukan banyak penjual martabak yang melabeli produknya dengan “Martabak Khas Bangka”. Resep dasar martabak manis ini kemudian dikembangkan menjadi lebih modern oleh banyak pengusaha kuliner. Penyajiannya tidak lagi dilipat dua dan topping-nya semakin beragam. 

Bagi Anda yang ingin berkreasi dengan resep martabak manis, Sajian Sedap dan Indomilk Kental Manis punya cara penyajian yang anti mainstream, yaitu martabak gulung. Selain itu, resep ini hadir dengan rasa kekinian yaitu red velvet.

Paduan cream cheese, biskuit hitam, dan Indomilk Kental Manis sebagai topping-nya membuat panganan ini terasa nikmat. Untuk menambah variasi, resep ini juga menggunakan pasta red velvet yang memberi sentuhan warna merah muda yang apik.

Berikut resep membuat martabak gulung red velvet dari Indomilk Kental Manis yang #NikmatnyaGakAbisAbis.

Martabak Gulung Red Velvet (untuk 3 gulung)

Bahan adonan: