Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan, Makan Enak Tanpa Takut Kolesterol Naik

By Yussy Maulia, Jumat, 13 November 2020 | 09:29 WIB
Ayam tongseng lezat kreasi Susu Evaporasi Tiga Sapi. (Dok. PT INDOLAKTO)

SajianSedap.com – Tongseng adalah salah satu kuliner favorit khas Indonesia yang banyak dijual di kedai atau restoran di pinggir jalan.

Makanan ini berisi daging kambing atau ayam, lalu disajikan bersama kuah kental yang hangat dan nikmat dalam satu mangkuk.

Meskipun hampir mirip dengan gulai, tongseng mengutamakan bahan rempah-rempah yang lebih kaya sehingga rasa kuahnya lebih kuat.

Karena rasanya yang tajam dengan bumbu rempah yang kuat, banyak orang mengira membuat tongseng itu sulit dan berpotensi gagal. Makanan khas Jawa Tengah ini umumnya memakai santan sebagai bahan dasar kuah. Seperti diketahui, santan bisa ‘pecah’ jika tidak dimasak dengan baik.

SaseLovers tak perlu khawatir karena kuah tongseng juga bisa dibuat dari susu evaporasi. Selain lebih sehat, susu ini bertekstur cair dan pengganti fungsi santan sehingga menambah rasa nikmat dan gurih pada makanan.

Baca Juga: Warung Soto Legendaris di Tangerang Ini Bongkar Tips Bikin Soto Gurih Sehat Tanpa Santan, Cuma Perlu 1 Bahan Dapur Ini

Cara membuatnya pun tidak sesulit yang dibayangkan. SaseLovers bisa coba ikuti resep ayam tongseng tanpa santan kreasi dari Susu Evaporasi Tiga Sapi ini.

Resep ini menggunakan Susu Evaporasi Tiga Sapi sebagai bahan dasar kuah. Dibuat tanpa gula tambahan, Susu Evaporasi Tiga Sapi bisa menghasilkan kuah tongseng yang gurih dan sedap.

SaseLovers juga tidak perlu khawatir, karena Susu Evaporasi Tiga Sapi ini terjamin kualitasnya dan aman untuk dimasak. Susu ini pun dikemas dalam tetaprak, sehingga mudah untuk dibuka dan ditutup.

Nah, pada resep ayam tongseng ini, daging yang digunakan adalah ayam karena lebih mudah untuk diolah sendiri di rumah.

Baca Juga: Terungkap Cara Masak Ayam Suwir Hajatan yang Biasa ada di Kondangan, Sederhana dan Pasti Enak!

Yuk, langsung saja cek bahan dan cara membuatnya.