Konsumsi Daging Merah Bisa Jadi Bagian dari Diet Sehat, Ini Manfaatnya

By Yussy Maulia, Senin, 1 Februari 2021 | 11:13 WIB
Daging merah yang segar memiliki banyak manfaat bagi tubuh. (Shutterstock)

SajianSedap.com – Mengatur pola makan dan asupan gizi merupakan salah satu cara efektif untuk memperoleh kesehatan serta bentuk tubuh yang ideal.

Kebutuhan karbohidrat, lemak, dan protein harus tercukupi dalam konsumsi harian. Terkait sumber protein, ada beragam jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencukupinya, salah satu yang paling baik adalah daging merah.

Namun, banyak orang menghindari konsumsinya ketika sedang mengatur pola makan sehat. Daging merah—seperti daging sapi dan domba—dinilai dapat meningkatkan risiko penyakit seperti hipertensi, sakit jantung, hingga kanker.

Padahal, kenyataannya tidak demikian. Konsumsi daging merah malah cocok dengan pola makan sehat dan seimbang. Sebab, tidak hanya menjadi sumber protein, daging merah juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang fungsinya beragam bagi tubuh.

Baca Juga: Resep Pasta Salad Enak, Camilan Sederhana Dan Kaya Gizi Untuk Malam Hari

Mengutip dari essai berjudul The Truth About Red Meat yang dipublikasikan di laman WebMD, daging merah juga mengandung vitamin dan mineral seperti zinc, zat besi, niasin, riboflavin, fosfor, vitamin B6 dan B12, potasium, kalium, serta omega-3.

Hal ini juga disampaikan oleh seorang clinical dietician dan juga sport nutritionist, Emilia E Achmadi dalam IG Live “Kursus Masak Online Bareng Sajian Sedap x True Aussie Beef”, Jumat (22/1/2021).

 “Zinc sangat efektif untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, kalau bicara soal zat besi, dia sangat penting untuk fungsi syaraf. Lalu, kalau vitamin B12 membantu tubuh kita memproduksi energi,” jelasnya dalam IG Live tersebut.

Selain itu, lanjut Emilia, kandungan nutrisi dalam daging merah juga dapat membantu tubuh tetap berenergi dan tidak mudah lelah, membantu fungsi kognitif, menunjang pertumbuhan otot dan tulang, hingga menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga: Tiru Cara Mendapatkan Zat Besi untuk Menunjang Diet Anda

Merujuk pada The Australian Dietary Guidelines, setiap orang pun sangat dianjurkan untuk mengonsumsi daging merah sebagai salah satu sumber protein yang penting. Bahkan, daging merah termasuk dalam bagian dari menu diet yang sehat.

Namun, perlu dicatat bahwa Anda tetap harus mengonsumsi dalam porsi yang tepat. Jumlah konsumsi daging merah yang disarankan adalah 3-4 kali dalam seminggu dengan porsi 100-125 gram sekali makan.