Kebongkar Juga Rahasia Tetangga Bisa Bikin Kolesterol Tinggi Ambrol, Ternyata Tiap Hari Minum Air Rebusan Belimbing Wuluh, Cara Buatnya Gampang Banget!

By Idam Rosyda, Rabu, 12 Januari 2022 | 07:50 WIB
manfaat air rebusan belimbing wuluh (Kolase pixabay/sarangib dan SajianSedap)

SajianSedap.com - Belimbing wuluh adalah salah satu buah yang kerap digunakan sebagai bahan masakan.

Rasanya yang asam dan menyegarkan, membuat buah satu ini kerap jadi campuran sup atau masakan berkuah..

Tak hanya itu, belimbing wuluh pun juga dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan Anda secara alami.

Akan tetapi, tidak banyak yang tahu jika belimbing wuluh juga bisa jadi obat mujarab untuk kolesterol tinggi lho.

Ya, dengan membuat air rebusan belimbing wuluh dan meminumnya, kolesterol tinggi bisa turun sendiri.

Lalu bagaimana cara membuatnya? simak ulasannya agar Anda bisa mencobanya di rumah.

Air Rebusan Belimbing Wuluh Bisa Turunkan Kolesterol

Jika Anda menyukai kesegaran belimbing wuluh, Anda wajib tahu khasiat buah mungil satu ini.Mengutip dari buku berjudul 202 Jus Buah dan Sayuran, belimbing wuluh mengandung provitamin A, vitamin B, dan vitamin C, serta besi, kalsium, fosfor, dan kalium/potasium.

Baca Juga: Tolong Jangan Hanya Makan Buahnya, Daun Belimbing Wuluh Bisa Usir Penyakit Mematikan Nomor Satu ini, Begini Cara Olahnya

Melansir dari buku Tanaman Obat Keluarga, karya Fauziah, belimbing wuluh mengandung cukup banyak zat aktif seperti saponin, tanin, peroksida, asam format, glukosa, kalsium oksalat, dan sulfur. Kandungan tersebutlah yang membuat belimbing wuluh banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Salah satu manfaatnya adalah menurunkan kolesterol tinggi.Kolesterol tinggi bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. 

Kadar kolesterol naik dipicu oleh sejumlah faktor seperti terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, tidak olahraga secara teratur, dan obesitas. Mengutip dari buku berjudul Care Yourself, Kolesterol, belimbing wuluh bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.