Gak Sengaja Dibocorkan Pemilik Bakery! Ternyata Ini Tips Bikin Sagu Keju yang Garing Tahan Lama, Ternyata Gak Bisa pakai Sagu Biasa

By Virny Apriliyanty, Selasa, 25 Januari 2022 | 10:10 WIB
Sagu keju ()

SajianSedap.com - Siapa yang suka banget makan sagu keju ?Nah, untuk tahun baru Imlek kali ini, mending kita buat sendiri, yuk.Tenang, sagu keju yang enak gampang kok dibuatnya.Triknya yang penting harus renyah dan manis gurihnya pas.Makanya, ada trik khusus yang harus banget kalian tahu nih.Dijamin, semua pasti bisa bikin sendiri di rumah deh.1. Sangrai sagu dengan cara yang benarSagu untuk sagu keju harus disangrai terlebih dulu agar kadar air di dalamnya berkurang.Biasanya, penyangraian dilakukan sampai air menyusut 10% – 15%.

Baca Juga: Fatal Kalau Telat Tahu, Stop Minum Air Putih Kalau Temukan Ciri Ini saat Buang Air Kecil, Bisa Jadi Gejala Overdosis Air Putih!

Misalnya, sagu 300 gram disangrai sampai beratnya berkurang hingga 260 gram.Kalau setelah disangrai sagu masih lebih dari 260 gram, sangrai kembali di atas kompor sampai mencampai berat yang diinginkan.Soalnya, kalau air masih banyak, sagu keju akan jadi kurang renyah.Ingat, menyangrai sagu juga harus dilakukan dengan api kecil.Tujuannya supaya sagu tidak menguning atau menyokelat yang membuat kue sagu keju juga ikutan menyokelat hasilnya.2. Masukkan cairan duluanKalau pada kue kering biasa cairan dimasukkan terakhir, lain pada sagu keju.Pada kue kering satu ini, cairan harus dimasukkan pertama kali.Tekniknya memang seperti itu untuk menghasilkan adonan yang tidak keras dan mudah disemprotkan.

Baca Juga: Jangan Dilakukan Lagi! Cuci Muka Langsung Dikeringkan Dengan Handuk Malah Sangat Tidak Dianjurkan, Efek Sampingnya Tak Terduga

3. Parut keju jangan ditekanPernah merasa sulit menyemprotkan adonan sagu keju?Mungkin kesalahannya karena parutan keju yang terlalu tebal sehingga sulit masuk ke dalam spuit.Nah, untuk sagu keju, usahakan parutan keju jangan terlalu tebal supaya mudah disemprotkan.Caranya, jangan memarut keju sambil ditekan.Semakin ditekan, parutan keju akan semakin tebal.4. Boleh tidak menggunakan spuitKalau ingin sekali sagu keju yang ngeju banget, kita boleh menambahkan cukup banyak sagu.Tapi, akibatnya, kita tidak bisa menggunakan spuit.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Pakai Obat Kimia Bisa Bahaya! Basmi Kutu di Rambut Anak Sampai Tuntas Cuma Pakai Bawang Putih, Begini Caranya

Soalnya, keju pasti sulit lewat di spuit.Cara satu-satunya, tidak usah menggunakan spuit.Cukup menggunting ujung plastik segitiga saja.5. Supaya tidak melebarBanyak orang gagal membuat sagu keju lantaran tampilannya yang tak cantik.Ketika dioven, sagu keju seolah meleleh dan bentuknya jadi melebar.Bentuk spuit pun jadi tak terlihat.Nah, kalau resep Anda seperti ini, bisa jadi ada beberapa hal yang terjadi.Pertama, takaran gula terlalu banyak sehingga gulanya meleleh ketika dipanggang dan akhirnya jadi melebar.

Baca Juga: Bukannya Sehat Malah Datangkan Petaka, Kebiasaan Membawakan Jeruk Untuk Orang Sakit Justru Bahaya Banget, Efeknya Nggak Main-main Lho!

Coba kurangi jumlah gulanya sebanyak 1/4 resep.Kedua, coba jangan mixer adonan sagu keju.Proses pemixeran membuat adonan menjadi panas sehingga lebih gampang melebar ketika dipanggang.Coba deh cukup aduk rata saja dengan menggunakan spatula.6. Oven dengan suhu yang tepatSagu keju sebaiknya dioven dalam suhu 140 derajat celcius.Jika menggunakan api atas dan bawah, pasang api atas di suhu lebih rendah, sekitar 120 derajat celcius.Cara ini bisa menghindarkan sagu keju berwarna terlalu cokelat.Nah, lain kali saat membuat sagu keju lagi, pastikan kita mengaplikasikan betul tips di atas, ya.

Baca Juga: BERITA POPULER : Dari Manfaat Rutin Minum Jus Timun sampai Bahaya Konsumsi Telur Bebek

Pasti deh, tidak ada lagi kata tidak puas dengan sagu keju buatan rumah.Sulap Keju Cheddar Mirip Keju EdamSebenarnya mudah sekali menyulap keju cheddar jadi mirip keju edam.Keju cheddar yang teksturnya lembut ini hanya perlu kita keringkan hingga teksturnya jadi kering seperti keju edam.Caranya, parut keju cheddar seperti biasa. Letakkan di atas loyang dengan cara disebar.Setelah itu, keju cheddar bisa kita jemur di bawah terik matahari.Bisa juga ditiup kipas angin sampai mengering.Biasanya waktu yang dibutuhkan sekitar 1 – 2 jam.Nah, setelah dikeringkan tekstur keju cheddar pasti sudah mirip dengan keju edam yakni kering dan renyah.

Baca Juga: Niatnya Ingin Sehat, Namun Makan Terong Yang Diolah Dengan Cara Ini Malah Bahaya Bagi Tubuh, Ibu-ibu Wajib Tahu Dari Sekarang

Keju cheddar ini pun bisa kita gunakan sebagai campuran adonan maupun taburan kastengel.Dijamin tetap renyah dan nikmat.Tips menyulap keju cheddar jadi mirip keju edam ini bisa jadi cara untuk Anda yang ingin kastengel renyah dan juga ekonomis.Cocok untuk Anda yang mau membuat kastengel di hari raya kali ini.Selamat mencoba Sase lovers.