Manfaatkan Teknologi Unified ID 2.0, KG Media Gandeng The Trade Desk

By Raka, Rabu, 2 Februari 2022 | 13:25 WIB
Manfaatkan Teknologi Unified ID 2.0, KG Media Gandeng The Trade Desk (Pixabay)

SajianSedap.com - KG Media, yang merupakan bagian dari grup Kompas Gramedia, menggandeng The Trade Desk untuk pengimplementasian Unified ID 2.0.

Penggunaan Unified ID 2.0 akan diprioritaskan demi menjamin kenyamanan dan keamanan pengguna dalam mengakses informasi di situs media KG Media serta menjaga relevansi iklan yang ditampilkan, meski tanpa cookies pihak ketiga.

Dipelopori oleh The Trade Desk, Unified ID 2.0 memberikan kendali kepada konsumen dalam mengelola privasi identitasnya yang terhubung melalui alamat email yang terenkripsi.

Framework digital baru ini bersifat open source dan telah diadopsi dengan cepat di seluruh ekosistem periklanan, di antara penyedia jasa teknologi, pemasar, serta publisher yang berbasis periklanan untuk mendanai konten jurnalisme yang dinikmati oleh konsumennya.

Dalam pengembangannya, Unified ID 2.0 dirancang untuk memperbaiki transparansi, privasi, dan kontrol atas data pengguna internet tanpa menghilangkan fungsi yang memungkinkan relevansi iklan lintas perangkat.

Kehadiran Unified ID 2.0 memungkinkan pihak publisher untuk menyamarkan data pihak pertama yang mereka miliki dan memungkinkan pemasar untuk mengoptimalkan data tersebut serta mengukur efektivitas investasi media yang mereka keluarkan.

Menurut CMO KG Media Dian Gemiano, industri media yang makin terdigitalisasi mendorong pergeseran ke arah internet cookie-less dan bisnis online dengan kesadaran tentang data pribadi.

“Transformasi ini diharapkan dapat mendorong perkembangan konten premium bagi pembaca KG Media sekaligus memperbaiki pengalaman mereka dengan hanya menampilkan iklan yang lebih relevan,” imbuh Gemi.

Penggunaan Unified ID 2.0 di situs media KG Media diharapkan dapat memberikan kenyamanan lebih karena data dan privasi pengguna hanya dapat diakses oleh pihak-pihak yang berwenang, bukan pihak ketiga.

Baca Juga: Resep Puding Kacang Oreo, Dessert Lembut yang Bisa Bikin Semua Orang Ketagihan Menyantapnya

Sementara di sisi pemasang iklan, investasi media yang dilakukan diharapkan dapat menuai hasil yang lebih baik karena dilakukan secara efektif dan tepat sasaran.

The Trade Desk pun menyambut baik kerja sama ini. Menurut Lead Senior Director Inventory Partnerships The Trade Desk Bihao Pan, pengimplementasian Unified ID 2.0 merupakan langkah besar KG Media untuk menyongsong masa depan internet terbuka.