Mulai Malam Ini Dicoba, Rebus Daun Panas Lalu Minum Airnya Hangat-hangat, Jangan Heran Besok Pagi Tubuh Rasakan Hal Luar Biasa Ini

By Amelia Pertamasari, Kamis, 3 Februari 2022 | 19:40 WIB
Manfaat air rebusan daun pandan untuk kesehatan. (Freepik.com)

SajianSedap.com - Pandan adalah ramuan dan rempah-rempah pokok di banyak negara di seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Aroma dan rasa unik yang diberikannya pada makanan membuatnya menjadi pilihan populer untuk budidaya, tetapi memiliki banyak kegunaan.

Pandan paling sering dikonsumsi sebagai pasta, bubuk, ekstrak air infus, atau dibuat menjadi minyak esensial.

Daunnya jarang dimakan langsung, kecuali di beberapa masakan pilihan.

Daunnya bisa direbus, dijus, atau digunakan untuk membungkus dan membumbui daging.

Daun pandan biasanya dihaluskan untuk menghasilkan ekstrak hijau zamrud. Semakin matang daunnya, semakin gelap warnanya dan semakin dalam rasanya.

Tak terbatas dalam masakan, penelitian telah mengidentifikasi sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang diketahui mendukung kesehatan.

Misalnya, pandan adalah sumber yang kaya vitamin A, senyawa penting untuk kesehatan mata yang bahkan dapat membantu mencegah kanker.

Terlebih lagi, pandan telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk mengobati sembelit, bisul, dan gejala seperti pilek atau flu.

Nah, simak berikut ini manfaat lengkap daun pandan untuk kesehatan.

Baca Juga: Satu Indonesia Nyesal Baru Tahu, Cuma Modal Daun Pandan Bisa Bantu Atasi Asam Urat, Jaminan Sembuh Sebelum 1 Jam

Manfaat Air Rebusan Daun Pandan