Bisa Bikin Seisi Rumah Mati Muda! Segera Buang Kalau Temukan Teflon dengan 2 Ciri Ini di Dapur, Ibarat Kasih Masakan Beracun ke Keluarga

By Virny Apriliyanty, Rabu, 9 Februari 2022 | 10:25 WIB
teflon (Freepik.com)

SajianSedap.com - Penggunaan teflon atau wajan antilengket memang sudah jadi hal lumrah di zaman sekarang ini.

Pasalnya, teflon memang mempermudah kegiatan di dapur.

Satu yang pasti, teflon yang baik membuat makanan tak lengket sehingga memasak jadi tidak terlalu menyeramkan.

Tapi, coba deh lihat lagi kondisi teflon di rumah Anda.

Soalnya, teflon dengan 2 ciri ini gak boleh digunakan.

Efeknya bisa bahaya banget kalau masih ngeyel. 1. Mengandung Bahan BerbahayaDalam hal persiapan makanan, keamanan adalah yang terpenting.Karena itu, jangan pernah kompromi dengan poin pertama ini.

Baca Juga: Yang Punya Celana Jeans Pasti Nyesel Baru Tahu! Jeans Bersih Tanpa Disikat Ternyata Harus Direndam Dulu Pakai Bahan Dapur Ini, Jangan Kaget Lihat Hasilnya Nanti saat Kering!

Pastikan peralatan masak yang Anda beli aman untuk kesehatan, termasuk juga kala memilih wajan antilengket. Bahan kimia yang digunakan untuk membuat teflon, yaitu asam perfluorooctanoic atau disebut juga dengan PFOA.Melansir laman ABC Health and Wellbeing, PFOA dibuat oleh salah satu perusahaan kimia terbesar di dunia, DuPont yang juga banyak membuat produk-produk selain teflon, seperti karpet, tekstil, dan kertas.

Cara membuat wajan biasa jadi anti lengket dengan bawang merah

PFOA yang digunakan untuk membuat teflon ini terbukti berpotensi menyebabkan kanker, kerusakan hati, cacat pertumbuhan, kerusakan sistem kekebalan tubuh, dan kematian pada hewan percobaan, seperti tikus.Sehingga US Environmental Protection Agency (EPA), merekomendasikan agar PFOA diberi label “kemungkinan mengandung karsinogen” dan menghentikan penggunaanya. Karsinogen sendiri adalah zat yang dapat menyebabkan kanker pada tubuh manusia.Perusahaan DuPont akhirnya menyetujui rekomendasi tersebut, dan mulai tahun 2015 berhenti menggunakan PFOA pada produk yang dibuatnya.

Meskipun demikian, ternyata tidak ada bukti langsung yang membuktikan bahwa PFOA dapat membahayakan kesehatan manusia.Bahkan, PFOA diketahui ada dalam aliran darah meskipun dalam konsentrasi yang rendah.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.