Dibongkar Ibu Warteg Depan Rumah, Ternyata Bikin Telur Balado Harus Ditambah 1 Bahan Ini, Dijamin Jadi 100 Kali Lebih Enak

By Virny Apriliyanty, Kamis, 10 Februari 2022 | 10:10 WIB
Resep Telur Balado Enak Ini Cocok Untuk Menu Makan Malam Praktis (Sajian Sedap)

SajianSedap.com - Unutk makan malam hari ini, bikin telur balado, yuk.Sajian satu ini murah dan enak banget rasanya.Membuatnya juga mudah asal kita punya resep bumbu balado yang tepat.Nah, ternyata bikin telur balado yang enak harus ditambah 1 bahan rahasia ini.Dijamin, rasanya jadi 100 kali lebih enak.Rugi kalau gak coba.Merebus Telur Supaya Mudah Dikupas1. Telur bulat goreng yang cantik tentu juga dipengaruhi oleh proses perebusannya.2. Telur direbus di dalam air dingin, bukan di dalam air mendidih agar temperaturnya tidak berubah secara tiba-tiba dan mengakibatkan kulitnya pecah.

Baca Juga: Dikasih Bocoran Tukang Laundry Langganan, Ternyata Kalau Mau Kaos Kaki Bersih dari Noda Hitam, Masukkan Bahan Dapur Ini Saat Dicuci, Hasilnya Pasti Wow Banget!

3. Selain itu, air yang meletup-letup saat mendidih juga membuat telurmentah tergoncang sehingga akan mudah pecah.4. Setelah mendidih, ubah ke api sedang supaya air lebih tenang dan telurlebih aman dari retakan.5. Selama direbus, telur sebaiknya diaduk sekali-sekali, terutama di perebusan awal agar kuning telur berada di tengah.6. Kupas telur dalam kondisi dingin agar lebih mudah. Ingat jangan sampai kuning telurnya keluar karena akan mengotori minyak saat digoreng.Menggoreng Telur Supaya Tak Meletus1. Agar tak meletus, kerat-kerat dulu sekeliling telur.2. Hati-hati saat mengeratnya. Tidak perlu terlalu dalam apalagi sampai menembus ke bagian kuning telur. Buat saja keratan halus.3. Goreng telur dalam minyak banyak supaya telur terendam.4. Pastikan minyak sudah panas betul saat telur dimasukkan, agar telur segera berkulit dan menyokelat.

Baca Juga: Cara Melelehkan Cokelat Agar Tidak Gosong, 1 Hal ini Jadi Kuncinya

5. Selama digoreng, telur boleh diaduk-aduk agar warnanya merata.Membuat Bumbu BaladoYa, kunci kelezatan telur balado tentu ada di sambal dan bumbunya. Untuk telur balado ala warteg, bumbu yang digunakan mudah dan minim bahan banget. Kita hanya memerlukan bawang merah, bawang putih, cabai dan tomat.Jumlah tomat harus agak banyak sehingga bumbu baladonya jadi bisa melimpah ruah.Untuk cabai, warteg biasanya hanya menggunakan cabai merah keriting sehingga rasanya cenderung tidak pedas. Tapi kalau mau, kita pun bisa menambahkan sedikit cabai rawit, lo. Setelahnya, semua bumbu tinggal dihaluskan lalu ditumis sampai harum.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Coba Tumbuk Tomat Campur Minyak Zaitun, Lalu Oleskan ke Wajah, Pasti Seisi Rumah Langsung Kaget Lihat Hal Menakjubkan Ini Terjadi

Jangan lupa, tambahkan juga daun salam dan daun jeruk selama pemasakan, ya. Beberapa warteg juga menamabahkan gula merah ke dalam baladonya. Hal ini kembali lagi ke selera. Gula merah akan membuat warna sambal lebih gelap dan rasanya lebih sedikit manis. Kalau suka, boleh juga ditambahkan, lo. Telur di Dalam Kulkas VS Telur di Luar KulkasDilansir dari beberapa sumber, Kamis (27/5/2021), SajianSedap melansir dari Kompas.com sudah membuat penjelasan mengenai menyimpan telur di dalam kulkas dan anjuran untuk tidak menyimpan telur di dalam pintu kulkas.Berdasarkan sebuah penelitian, lingkungan yang dingin merangsang profilerasi yang cepat untuk bakteri.Artinya, bakteri akan dengan cepat berkembang pesat saat berada di tempat dingin, khususnya bakteri salmonella.

Baca Juga: Baru Tahu Sekarang, Cara Buat Cuko Pempek Ternyata Harus Pakai 3 Bahan Ini Kalau Mau Hasilnya Kental dan Rasanya Pas, Gampang Banget Dicoba di Rumah

Sebuah percobaan pun dilakukan terhadap telur yang disimpan di dalam kulkas dan telur yang disimpan di atas meja sesuai dengan suhu ruangan alias di luar kulkas.Hasil percobaan memperlihatkan bahwa telur yang diletakkan di dalam suhu ruangan memiliki bakteri lebih sedikit daripada telur yang disimpan di dalam kulkas.Dikhawatirkan telur di dalam kulkas yang memiliki bakteri lebih banyak akan semakin berkembang biak sehingga menodai makanan lainnya di dalam kulkas.Sementara itu, ada pendapat berbeda dari peneliti di University of Bristol, yakni Rosamund Baird dan Janet Corry.Keduanya mengatakan bahwa menyimpan telur yang terkontaminasi pada suhu ruangan memungkinkan bakteri berkembang lebih banyak.Sementara itu, telur yang disimpan di kulkas dengan suhu dingin akan mencegah bakteri hidup dan berkembang biak.Meski ada perbedaan pendapat penelitian, hal terpenting adalah harus selalu menjaga kebersihan telur.Sebab, kamu tidak pernah tahu dari mana telur yang dibeli itu berasal dan bagaimana penanganannya.Namun, jika telur langsung dimasukkan ke kulkas tanpa dibersihkan lebih dulu, bakteri pada telur akan berkembang biak dan mencemari makanan lain yang ada di kulkas.