Pantas Nenek Sering Makan Ubi Rebus, Ternyata Efeknya Bisa Hempas 3 Penyakit Sejuta Umat Ini dari Tubuh, Bakal Panjang Umur Kalau Rajin Konsumsi!

By Idam Rosyda, Senin, 21 Februari 2022 | 17:10 WIB
manfaat makan ubi rebus (pixabay/crisad85)

SajianSedap.com - Bagi Anda penggemar ubi jalar, bahan makanan satu ini kerap dipandang sebelah mata.

Bahkan, ubi jalar kerap dianggap sebagai makana kuno yang dikonsumi oleh orang tua.

Padahal, mengonsumsi ubi ternyata memiliki manfaat lho.

Ubi jalar sendiri memiliki beberapa jenis, ada ubi yang berwarnya jingga, ungu atau merah dan putih.

Ubi merah atau ungu memiliki daging yang lebih kering dan lebih keras.Sedangkan ubi putih dan kuning memiliki daging yang lebih segar.

Namun khasiat dari ubi jalar tersebut tentu baik untuk kesehatan.

Ya, mengonsumsi ubi jalar yang direbus, rupanya bisa mencegah dan mengatasi 3 pernyakit yang kerap menyerang sebagian besar orang ini.

Lantas penyakit apa saja? simak ulasannya.

Baca Juga: Iseng Simpan Mentimun di Freezer Lalu Dioles ke Wajah di Pagi Hari, Wanita ini Bahagia Tak Perlu Lagi Beli Skincare Mahal, Wow Banget!

Manfaa Makan ubi Rebus untuk Kesehatan

Ubi jalar memiliki beberapa variasi rasa, tekstur, dan warna yang dikaitkan dengan kandungan antioksidan dan vitaminnya.Ubi jalar dan oranye yang kemerahan dan berwarna kaya akan beta karoten, sedangkan ubi ungu kaya akan anthocyanin.Kandungan yang ada dalam ubi-ubi tersebut memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.Dirangkum dari Organicfacts.net, manfaat ubi jalar bagi kesehatan, diantaranya bisa mencegah kanker, mengatasi diabates dan maag.

manfaat Ubi Rebus
Penelitian yang dilakukan pada tikus laboratorium oleh Khalid Asadi et al. dari Pusat Penelitian Masyarakat Kanker Auckland, Selandia Baru menyarankan diet ubi jalar ungu yang kaya antosianin membantu mengurangi dan menghambat pertumbuhan tumor (Biomed Research International 2015).Uji coba kemoprevensi diperlukan pada manusia untuk memahami sifat anti-kanker dari ubi jalar.Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Kansas State University, AS menyarankan bahwa ubi jalar yang diperkaya antosianin dapat melindungi terhadap kanker kolorektal karena kemampuan antiproliferatifnya.Penelitian lain juga menunjukkan bahwa diet tinggi serat dan diet kaya vitamin C mengurangi risiko mengembangkan sakit maag.