Keseringan Duduk di Lantai Sejak Muda, Saat Tua Jangan Kaget Kalau Badan Jadi Sakit Terus-terusan! Efeknya Bikin Nyesel Seumur Hidup

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 19 Maret 2022 | 17:10 WIB
Duduk di lantai (CNN)

SajianSedap.com -Pernah dengar omelan orang tua yang meminta kita tak duduk di lantai?

Ya, duduk di lantai tak bisa dipungkiri sering jadi kebiasaan banyak orang.

Biasanya karena faktor kepraktisan sampai rasa nyaman.

Namun sebenarnya duduk di lantai sangat tidak disarankan, lo.

Bahkan, duduk di lantai dalam waktu lama bisa memberikan efek sangat buruk bagi tubuh.

Siap-siap saja kalau tua malah sakit-sakitan terus.

Efek Buruk Duduk di LantaiMeski ternyata memiliki banyak manfaat, terlalu sering dan terlalu lama duduk di lantai pun bisa memberikan efek samping yang buruk bagi tubuh.Berikut ini adalah 3 bahaya terlalu sering dan terlalu lama duduk di lantai.

Baca Juga: Garang Asem Ayam Recipe, Soul-Satisfying Food That Warm You up on Cold Nights

1. Tekanan persedianDuduk dilantai yang keras akan memberikan tekanan ekstra pada sendi yang menopang tubuh, apa lagi jika duduk di lantai tersebut dilakukan dalam kurun waktu yang lama dan sering dilakukan, maka tekanan akan terus-menerus terjadi.Dalam beberapa posisi duduk, beban tubuh lebih ditekankan atau ditempatkan di tungkai bawah, sehingga memberikan tekanan pada lutut dan pergelangan kaki.Apa bila seseorang sudah memiliki keluhan di area tersebut, duduk di lantai akan membuat keluhan menjadi semakin parah.Hati-hati ya.2. Sirkulasi darah tergangguMengapa hal ini bisa terjadi? Pasalnya, beban tubuh bagian atas yang juga ditanggung oleh tungkai bawah akan menurunkan sirkulasi darah di bagian tersebut.Untuk mengurangi tekanan yang berlebihan, kamu mungkin bisa melakukan beberapa variasi duduk di lantai, salah satunya adalah bersila.Posisi duduk yang paling banyak dilakukan ini bisa membuat berat badan tidak bertumpu pada satu titik saja, melainkan ke pinggul bukan ke bagian kaki.

Baca Juga: Nyesel Baru Coba Sekarang. Ternyata Tidur di Lantai Bisa Bantu Tubuh Terhindar Dari Penyakit yang Menyiksa Seumur Hidup ini

Atau kamu juga bisa menempatkan alas yang cenderung empuk untuk mengurangi hal yang satu ini.3. Sakit punggungBukan hanya terlalu banyak duduk di lantai, keluhan dan kondisi yang satu ini cenderung akan terjadi pada semua orang yang terlalu banyak duduk, bahkan memberikan pengaruh buruk pada postur tubuh orang tersebut.Hal ini bisa berujung pada perubahan postur, menjadi lebih bungkuk.Maka, penting untuk tetap memperhatikan posisi duduk agar tidak terjadi sakit punggung hingga perubahan postur, menjadi membungkuk.

Mitos Soal Mandi di Malam Hari