Dikira Minum Obat, Gula Darah Bapak-bapak Ini Turun Drastis Usai Minum Segelas Air Rebusan Daun Pandan dan Jahe, Kok Bisa?

By Idam Rosyda, Senin, 11 April 2022 | 16:25 WIB
Khasiat daun pandan untuk obat alami turunkan gula darah (Coaster Kitchen )

SajianSedap.com - Gula darah tinggi jadi salah satu gangguan kesehatan apda tubuh yang patut diwaspadai.

Pasalnya kadar gula darah tinggi pada tubuh bisa memicu terjadinya diabetes melitus atau kencing manis.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa sembuh, namun perawatannya harus dikontrol supaya tidak kambuh.

Biasanya sebagian orang akan menggunakan suntikan insulin untuk menjaga kadar gula darah.

Tapi beberapa bahan alami bisa kok dijadikan obat untuk mengontrol kadar gula darah, salah satua air rebusa jahe dan daun pandan.

Lantas bagaimana air rebusan ini bisa bekerja dan bagaimana cara membuatnya?

Manfaat Air Rebusan Jahe dan Daun Pandan

Mengonsumsi air jahe belakangan ini menjadi pilihan masyarakat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh saat pandemi.Jahe memiliki kandungan berbagai senyawa baik yang bisa membantu memelihara kesehatan tubuh.

Baca Juga: Siap-siap Kaget, Orang yang Suka Makan Melon akan Alami Hal Menakjubkan Ini di Tubuh, Enggak Bakal Nyangka

Apalagi jika dikombinasikan dengan berbagai bahan lain, di antaranya adalah daun pandan.Daun pandan juga memiliki kandungan senyawa yang berguna bagi tubuh.Seperti flavonoid, polifenol, alkaloid dan juga saponin.Sehingga air rebusan jahe dan pandan baik dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan kadar gula darah tinggi.Gula darah yang tinggi bisa memicu penyakit diabetes.Kandungan senyawa dalam jahe bisa membantu menurunkan gula darah yang tinggi.Sedangkan pandan juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah.Ekstrak pandan bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah.Glukosa plasma dari orang yang menjadi peserta penelitian menurun secara signifikan selama penelitian setelah mengonsumsi ekstrak pandan.

Baca Juga: Pengidap Diabetes Bisa Ucap Syukur, Kontrol Gula Darah Cukup dengan Rebus Bumbu Dapur ini Selama 10 Menit, Efeknya Pasti Bisa Bikin Nagih!

Selain bisa menurunkan kadar gula darah, air rebusan jahe dan daun pandan juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan.1. Meredakan migrainJahe memiliki sifat antiradang dan anti-inflamasi sehingga baik untuk meredakan peradangan.Dengan mencampurkan air jahe dan pandan maka bisa membantu menyembuhkan peradangan kronis yang menyebabkan migrain dan sakit kepala, baca lengkapnya di link ini.2. Menyembuhkan flu pilekRamuan jahe dengan daun pandan ternyata sangat baik untuk meredakan flu dan juga pilek.Senyawa dalam kedua bahan ini bisa meredakan masalah pernapasan seperti hidung tersumbat.