Tolong Istri Ingatkan Suami di Rumah, Belajar dari Kanker Prostat yang Dialami SBY, Kebiasaan Sepele Saat Makan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

By Virny Apriliyanty, Selasa, 12 April 2022 | 17:40 WIB
SBY didiagnosa kanker prostat, kebiasaan ini ternyata bisa tingkatkan resiko (Tribun Kaltim - Tribunnews.com)

SajianSedap.com - Mantan Presiden SBY akhirnya berhasil sembuh dari kanker prostat yang menyerang tubuhnya. 

Ia diketahui sampai menjalani pengobatan di luar negeri demi mengobati sakitnya ini.

Tak sembarangan, SBY sampai berangkat ke Amerika.

Beruntung kanker prostatnya terdeteksi di stadium awal sehingga kemungkinan sembuh pun jadi lebih besar.

Namun, tahukah kamu kalau kanker prostat yang menyerang SBY juga bisa dialami semua pria.

Ternyata, kebiasaan sepele saat makan ini bisa jadi penyebabnya. Penyebab Kanker ProstatKanker prostat adalah kanker yang terjadi pada prostat.Mayo Clinic menjelaskan, prostat adalah kelenjar kecil penghasil cairan mani pada pria yang berfungsi memberi nutrisi dan mengangkut sperma.

Baca Juga: Kaum Menteng, Lesser-Known Traditional Foods From Rural Indonesia Get Spotlight They Deserve

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum.Banyak kasus kanker prostat tumbuh lambat dan terbatas pada kelenjar prostat saja, sehingga kemungkinan tidak menyebabkan kerusakan serius.

Hindari 5 makanan ini untuk cegah kanker prostat.
Meski begitu, beberapa jenis kanker prostat bersifat agresif dan dapat menyebar dengan cepat, sehingga memerlukan penanganan.Belajar dari SBY, penting untuk mengetahui penyebab kanker prostat dan upaya pencegahan yang dapat kita lakukan.Nah, berikut ini kebisaan yang dipercaya bisa sebabkan kanker prostat.1. Jarang BerolahragaSalah satu kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko penyakit kanker prostat adalah enggak berolahraga.Olahraga bermanfaat untuk membantu meningkatkan suasan hati.

Baca Juga: Bukan Dimakan Malah Dibuang, Kulit Roti Tawar Justru Paling Sehat dan Bisa Cegah Penyakit Mematikan ini, Nyesel Baru Sadar

Selain itu, jarang berolahraga berkaitan dengan risiko terkena kanker prostat.2. Makan Terlalu MalamRisiko terkena kanker prostat salah satunya adalah kebiasaan makan terlalu malam.Menurut penelitian, sebaiknya makan malam dilakukan sebelum pukul 9.Enggak hanya itu, dengan memberi jeda 2 jam antara waktu makan malam dan tidur dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat.Ritme sirkadian juga memiliki peran penting dalam mengatur diet dan risiko terkena kanker.

3. Mengonsumsi Makanan TertentuSalah satu makanan tertentu yang dapat menyebabkan kanker prostat adalah daging merah.Mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Jika sering mengonsumsi banyak kalsium maka lebih berisiko terkena kanker prostat.

Baca Juga: Siap-siap Kaget, Orang yang Suka Makan Melon akan Alami Hal Menakjubkan Ini di Tubuh, Enggak Bakal Nyangka