Dibocorkan Mantan Penjual, Ternyata Ini Rahasia Bikin Kwetiau Goreng ala Tek-tek yang Super Enak! Gampang Banget Ternyata

By Virny Apriliyanty, Selasa, 3 Mei 2022 | 08:40 WIB
Kwetiau goreng (Pinterest)

SajianSedap.com - Pernahkah Anda merasa kalau kwetiau goreng ala tek-tek itu enak banget ?Rasanya beda bagai bumbunya lebih merasap dan lebih enak.Nah, ternyata memang ada tips khusus untuk bikin kwetiau goreng ala tek-tek yang super enak.Rahasianya ada di bumbu dan proses pemasakan.Kita pun bisa bikin di rumah kalau tahu tips rahasianya.Yuk, bersama kita simak.1. Bumbu-Bumbu Halus ala PedagangBumbu yang dipakai para pedagang cukup sederhana.Jenisnya adalah bumbu tradisional.

Baca Juga: Garang Asem Ayam Recipe, Soul-Satisfying Food That Warm You up on Cold Nights

Haluskan saja bawang putih, bawang bombay, jahe, ebi, dan kemiri.Kemiri jadi bumbu wajib yang membuat nasi goreng gila ala pedagang jadi super nikmat.Jadi tambahkan dalam jumlah cukup banyak, ya.Nah, di beberapa pedagang, mereka bahkan menambahkan tulang-tulangan halus, lo.Misalnya, mereka merebus tulang berdaging seperti leher sampai empuk betul kemudian diblender bersama bumbu lain sampai halus.Cobain, deh.2. Kecap Ikan Wajib DitambahkanSelain bumbu halus, perhatikan deh, pedagang juga menambahkan beberapa jenis kecap ke dalam masakannya. Di antaranya adalah kecap manis dan kecap ikan.

Baca Juga: Enggak Cepat Mlempem dan Kriuk, Udang Goreng Renyah Ternyata Kuncinya Ditambah 2 Bahan Ini, Tepung Terigu Aja Gak Cukup!

Ya, kecap ikan akan memberi rasa gurih dan aroma yang luar biasa enak dan harum ke kwetiau goreng.Kecap ikannya baiknya kita kucurkan di pinggir wajan agar terkena panas dan aromanya makin menyeruak, lo. Tapi perlu diingat, kecap ikan punya rasa asin sehingga penggunaan garam bisa dikurangi atau bahkan dilewatkan.3. Tambahkan AirPerhatikan deh, kwetiau goreng ala pedagang agak becek-becek dan basah.Ya, untuk masak kwetiau goreng enak itu harus ditambahkan air sedikit lebih banyak.Nantinya, air ini akan meresap ke dalam kwetiau sehingga membuat kwetiau jadi lebih enak.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Pantas Empuk Sempurna! Beginilah Cara Bikin Rendang Lembut Di Mulut Cuma Modal Rice Cooker, Seisi Rumah Langsung Nambah

Aroma mentah kwetiau juga jadi berkurang.4. Gunakan Api BesarSiapa yang sadar kalau kwetiau goreng punya aroma gosong-gosong yang enak banget di lidah.Banyak orang menyebut aroma ini dengan wangi wajan.Nah, untuk mendapatkan wangi wajan, kita harus menggunakan api kompor yang besar sekali.Selain itu, nasi harus diaduk sambil ditekan-tekan tiap ke wajan supaya tiap bulirnya bisa matang sempurna dan tercium aroma harum.Tapi, hati-hati gosong jika menggunakan api yang besar ini, ya.Pengadukan harus dilakukan dengan cepat supaya nasi goreng tidak mudah gosong.