Duh Baru Tahu! Ternyata Golongan Darah Ini Tidak Disarankan Makan Terong, Efeknya Bukan Cuma Bahaya tapi Bisa Bikin Shock Banget

By Virny Apriliyanty, Kamis, 28 April 2022 | 12:25 WIB
kesalahan yang bikin terong cepat lembek saat dimasak (Kompas.com)

SajianSedap.com - Selama ini terong dianggap sebagai sayuran yang menyehatkan.Bahkan, konsumsi terong bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol, lo.Tapi ternyata tak semua orang mana makan terong.Soalnya, orang dengan golongan darah ini justru disarankan tidak makan terong.Penyebabnya karena efek samping yang bisa ditimbulkan.Gimana, ya ?Golongan Darah yang Tidak Disarankan Makan TerongBukan isapan jempol semata jika golongan darah tertentu akan bereaksi pada zat tertentu dalam makanan.Teori ini dilandasi penelitian bertahun-tahun yang dilakukan oleh Dr. Peter J. D’Adamo, ahli naturopatis asal Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Enjoying F&B in a Serene Park: Urban Farm at PIK 2 Returns With More Foods, More Fun Activities

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa setiap bahan pangan memiliki reaksi berbeda terhadap golongan darah.Di mana, bahan pangan tertentu bisa bermanfaat, tapi bisa bersifat racun bagi gologan darah lainnya.Kondisi itu bisa terjadi karena hampir setiap bahan makanan mengandung lektin, yakni sejenis protein yang akan bereaksi dengan darah dalam tubuh.Apabila golongan darah tidak cocok dengan lektin, akan terjadi gangguan kesehatan, seperti penggumpalan darah yang dapat memicu beragam penyakit.Melansir Buku Menu Sehat & Lezat Sebulan untuk Golongan Darah O (2007) oleh Budi Sutomo, S.Pd & dr. Yoanita Ristyaningrum, orang yang memiliki golongan darah O cenderung mudah mengalami peningkatan asam lambung.Dari evolusi genetik, golongan darah O diketahui memiliki ciri mempunyai kandungan asam lambung tinggi, sehingga mudah mengalami gangguan pencernaan.Penyakit lain yang rentan dialami pemilik golongan darah O, di antaranya yakni:    Gangguan tiroid    Radang sendi    Alergi    Sinusitis    Penyakit jantungAgar terhindar dari berbagai masalah kesehatan tersebut, para pemilik golongan darah O pun kiranya penting untuk memahami berbagai makanan yang perlu dihindari.

Baca Juga: Pemiliki Golongan Darah O Harus Waspada, Buah Sejuta Umat Bisa Sebabkan Gangguan Lambung, Hati-hati!

Sayuran yang perlu diwaspadai pemilik golongan darah O Melansir Buku Jus Sehat Golongan Darah O, berdasarkan Buku Laris Dr. Peter J. D’ Adamo (2007) oleh Wied Harry Apriadhi, ada beberapa jenis sayuran yang seyogianya dihindari para pemilik golongan darah O apabila tidak ingin mendapatkan gangguan kesehatan.Salah satunya adalah terong.Keluarga terung atau terong sebaiknya diwaspadai pemilik golongan darah O, terutama terung dan kentang.Kandungan lektin pada sayuran ini tergolong tinggi sehingga bisa memicu nyeri sendi dan merangsang munculnya penyakit artritis.Sayuran dari keluarga ini yang menjadi pengecualian, yakni tomat.Sayuran dari keluarga Solanacea ini memang mengandung lektin yakn kuat, yakni panhemaglutinan, suatu senyawa khusus yang mampu membekukan darah semua golongan darah.Tapi, kandungan lektin ini ternyata tidak dapat dinetralkan di dalam tubuh pemilik golongan darah O.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Divonis Sakit Mematikan Padahal Hidup Sehat, dr. Oz Wanti-wanti Golongan Darah O Stop Lakukan 3 Kebiasaan Ini Detik Ini Juga Kalau Masih Sayang Nyawa

Meski begitu, tidak semua orang yang memiliki golongan darah O memiliki reaski yang sama.Golongan Darah yang Memiliki Umur PanjangMemiliki umur yang panjang merupakan keinginan banyak orang.Apalagi jika tubuh juga memil,iki kondisi yang sehat.Tentu Anda akan menikmati kebahagiaan dua kali lipatNamun, sebuah penleitian terungkap ternyata hgolongan darah tertentu memiliki harapan umur lebih pendek dibanding yang lain.Dengan kata lain, ada golongan darah tertentu yang bakal memiliki umur panjang.Ya, golongan darah ini adalah golongan darah O.Pemilik golongan darah O disebut yang paling panjang umurnya.

Baca Juga: Peringatan Untuk Semua Orang! Ternyata Golongan Darah O Dilarang Keras Makan Terong, Bahaya yang Mengintai Tidak Main-Main

Hal ini dikarenakan golongan darah O memiliki sistem imun kuat, pencernaan yang baik dan mental yang paling kuat.Bahkan dikatakan jika golongan darah O bisa menghadapi stres dengan baik.Pada umunya, orang dengan golongan darah O rentan dengan beberapa penyakit seperti alergi, bisul, atau radang sendi.Akan tetapi, penyakit tersebut dikategorikan tidak membahayakan nyawa.Ini yang menjadi alasan kenapa golongan darah O punya harapan hidup yang lebih panjang dibandingkan golongan darah lainnya!