Jadi Rahasia Bakery! Ternyata Ini Cara Bikin Donat Lembut Berhari-hari Walau Tak Pakai Obat Kimia, 1 Bahan Ini Rahasianya

By Virny Apriliyanty, Senin, 9 Mei 2022 | 11:25 WIB
Cara menggoreng donat supaya warnanya tetap cantik keemasan dan tidak gosong (Kolase Sajian Sedap)

SajianSedap.com - Sebenarnya, bikin donat di rumah itu gampang banget, lo.Apalagi kalau kita sudah menemukan resep yang benar.Dijamin, membuatnya seru dan hasilnya juga pasti nikmat.Tapi, ada trik supaya donat bisa lembut berhari-hari walau gak pakai obat kimia.Trik ini yang belum banyak orang tau.Yuk, simak.1. Ditambahkan KentangAda alasannya kenapa orang suka sekali membuat donat kentang.Soalnya, tambahan ketang ampuh membuat donat tetap lembut walau sudah dingin.

Baca Juga: Buntil Daun Singkong Recipe, Even Die-Hard Meat Maniacs Will Love This

Jadi, kalau tidak ditambahkan kentang, donat cenderung keras setelah dingin.Makin banyak kentang ditambahkan, donat akan jadi makin lembut.Tapi, tentu saja takaran kentangnya tidak bisa 100%.Lazimnya, resep menggunakan 500 gram tepung terigu protein tinggi dan 200 gram kentang halus.Ingat, kentangnya perlu kita kukus dulu kemudian dihaluskan.Mengukus kentang pun tak boleh sembarangan,Kentang harus dikukus dalam kondisi masih berkulit dan belum dikupas.Soalnya, kalau sudah dikupas kulitnya, kentang akan menyerap lebih banyak air saat dikukus.Hasilnya, adonan kentang halus akan lebih berair dan berpengaruh pada hasil akhir donat.

Baca Juga: Resep Donat Kentang, Camilan Lebaran Lembut Dengan Anake Toping yang Nikmat

Kentang juga sebaiknya hanya dibelah dua selama dikukus, tidak lebih.2. Takaran Air Harus PasPerhatikan adonan donat, kalau dari awal adonannya sudah keras, Anda harus waspada donat juga akan keras hasilnya.Adonan yang keras menunjukkan takaran air yang kurang.Segera tambahkan air kalau Anda merasa adonan sangat keras.Tapi ingat, penambahan air harus dilakukan sebelum memasukan margarin, ya.Jadi, proses pembuatan donat selalu dimulai dengan mencampur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, dan gula lalu ditambahkan kentang.Setelah itu, baru dimasukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis, baru ditambahkan margarin dan garam.Nah, sebelum ditambahkan margarin, kita harus mengetes dulu, apakah adonan donat terasa keras?

Baca Juga: Resep Donat Telur Asin, Modifikasi Donat Dengan Rasa Super Gurih Untuk Menu Takjil Buka Puasa Nanti

Kalau sudah ditambahkan margarin, kita dilarang keras menambahkan air lagi.Soalnya, gluten yang tadinya sudah terbentuk bisa rusak dan donat bisa jadi gagal.3. Fermentasi Harus Pas LamanyaFermentasi juga bisa berpengaruh pada hasil donat yang keras, lo.Kalau fermentasi kurang lama, donat berarti belum mengembang sempurna sehingga bisa jadi bantet hasil akhirnya.Di resep, kita mungkin diminta mengistirahatkan adonan selama 30 menit.Tapi, waktu fermentasi bisa sangat berpengaruh pada suhu tempat donat dibuat.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Resep Donat Ketan, Pilihan Menu Takjil Buka Puasa Istimewa Untuk Di Akhir Pekan

Semakin panas suhunya, maka proses fermentasi akan makin cepat sehingga mungkin dalam 25 menit saja, fermentasi telah selesai.Tapi, kalau dibuat dalam ruangan berAC yang dingin misalnya, fermentasi jadi melambat.Jadi bisa saja walau sudah 30 menit, donat masih belum mengembang sempurna.Nah, itu dia tips penyebab donat keras setelah dingin.Segera diterapkan tiap kali membuat donat, ya.Supaya Donat Tidak BerminyakDonat buatan rumah biasanya terasa berminyak saat digigit. Hasilnya, donat jadi kurang enak karena rasanya mulut jadi sangat berminyak.Nah, ternyata ada cara supaya donat tidak berminyak, lo.

Baca Juga: Resep Donat Paha Ayam Enak Ini Bikin Si Kecil Langsung Ogah Jajan Di Luar