Ngeri! Sri Lanka Bangkrut Karena Tak Sanggup Bayar Hutang Luar Negeri, Posisi Hutang Indonesia Masih Aman?

By Amelia Pertamasari, Kamis, 23 Juni 2022 | 17:55 WIB
Negara Sri Lanka bangkrut karena ketidaksanggupan membayar hutang luar negeri, menjadi kewaspadaan terhadap hutang Indonesia saat ini? ()

SajianSedap.com - Kabar tentang negara Sri Lanka bangkrut terus bergulir hingga hari ini.

Negara Sri Lanka menyatakan bangkrut setelah gagal bayar utang luar negeri.

Sebelumnya, krisis terjadi di Sri Lanka bermula pada akhir Maret 2022 hingga warganya menuntut Presiden Gotabaya Rajapaksa mengundurkan diri.

Lalu pada 12 April 2022, pemerintah Sri Lanka mengumumkan gagal bayar utang bernilai fantastis yang dipinjam dari luar negeri.

Krisis yang terjadi di Sri Lanka ini menyebabkan warganya sengsara, hal ini merupakan situasi terburuk yang pernah dialami Sri Lanka sejak kemerdekaannya pada 1948.

Lantas, apakah ada kemungkinan Indonesia akan mengalami hal serupa? 

Mengingat Indonesia masuk jajaran negara berpendapatan menengah dan rendah dengan utang luar negeri terbesar pada 2020.

Dan dalam jajaran tersebut, Indonesia berada di urutan ke-7 meski memang Indonesia tidak termasuk dalam 10 daftar negara dengan utang terbanyak dilihat dari rasio utang terhadap PDB negaranya.

Lihat informasi kabar hutang Indonesia selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Bikin Shock yang Pakai BPJS! Kelas BPJS Bakal Digabung Mulai Bulan Depan, Ingin Layanan Lebih Harus Pakai Asuransi Tambahan

Kondisi Sri Lanka Bangkrut Karena Terlilit Hutang

Diberitakan oleh Kompas, Sri Lanka bangkrut dan memulai penutupan perlahan pada Senin (20/6/2022) untuk menghemat cadangan bahan bakar yang menipis.