Selama Ini Jadi Misteri! Akhirnya Pedagang Bongkar Sendiri Cara Bikin Mi Tek Tek Super Enak, Rahasianya Ada pada Bumbu Ini

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 25 Juni 2022 | 09:50 WIB
Berikut ini tips membuat mi tek tek ala pedagang yang enak banget cuma dengan bumbu sederhana ()

SajianSedap.com - Masak mi goreng memang mudah, tapi bikin yang super enak itu yang sulit.Padahal kalau di pedagang, mi goreng atau biasa disebut mi tek-teknya terlihat sederhana tapi rasanya enak luar biasa.Mi tek tek ini juga punya rasa khas yang tak bisa kita buat di rumah.Nah, ternyata memang ada trik sendiri membuat mi tek-tek di rumah, lo.Ada bumbu rahasia yang selama ini dipakai pedagang.Yuk, intip.1. Bumbu Utama Mi Tek TekBumbu yang kita pakai dalam mi tek tek cukup sederhana.Jenisnya adalah bumbu tradisional.

Baca Juga: Garang Asem Ayam Recipe, Soul-Satisfying Food That Warm You up on Cold Nights

Haluskan saja bawang putih, bawang bombay, jahe, ebi, dan kemiri.Kemiri jadi bumbu wajib yang membuat mi tek tek pedagang jadi super nikmat.Jadi tambahkan dalam jumlah cukup banyak, ya.Nah, di beberapa pedagang, mereka bahkan menambahkan tulang-tulangan halus, lo. Misalnya, mereka merebus tulang berdaging seperti leher sampai empuk betul kemudian diblender bersama bumbu lain sampai halus. Rasanya jadu gurih banget!

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.

Baca Juga: Resep Siomay Mi Goreng, Camilan Renyah yang Bikin Kita Sulit Berpaling

2. Kecap Ikan Wajib DitambahkanSelain bumbu halus, perhatikan deh, pedagang juga menambahkan beberapa jenis kecap ke dalam masakannya. Di antaranya adalah kecap manis dan kecap ikan. Ya, kecap ikan akan memberi rasa gurih dan aroma yang luar biasa enak dan harum ke tiap bulir nasi goreng.Kecap ikannya baiknya kita kucurkan di pinggir wajan agar terkena panas dan aromanya makin menyeruak, lo. Tapi perlu diingat, kecap ikan punya rasa asin sehingga penggunaan garam bisa dikurangi atau bahkan dilewatkan. 3. Bahan Tambahan LainPenambahan cabai dan tomat juga akan membuat mi tek tek kita makin enak.Untuk isiannya, tambahkan berbagai sayuran seperti wortel, brokoli, kembang kol, kol, sawi putih, caisim, atau pokcoy.

Baca Juga: Resep Mi Goreng Ikan Daun Jeruk Enak, Menu Sarapan Dengan Aroma yang Begitu Memikat

Daging juga akan membuat mi tek tek semakin gurih.Gunakan irisan daging sapi bagian daging has, ayam, ikan, atau udang.4. Masak dengan Api BesarYa, nasi goreng harus dimasak dengan api besar. Api yang besar ini akan membuat tiap bulir nasi matang sempurna dan dibalur aroma gosong-gosong wajan. Untuk itu, jangan lupa, nasi juga perlu diaduk sambil ditekan-tekan ke wajan sehingga aroma gosongnya makin nikmat. Tai hati-hati ya, karena menggunakan api besar, otomatis nasi goreng bisa mudah gosong. Jadi, pastikan mengaduknya dengan cepat dan tak berhenti.