Gak Bayar kok! Begini Cara Mendapatkan Pengobatan TBC Gratis dengan BPJS Kesehatan

By Amelia Pertamasari, Minggu, 18 September 2022 | 08:56 WIB
Cara mendapatkan pengobatan TBC gratis dengan BPJS Kesehatan. ()

SajianSedap.com - Cara mendapatkan pengobatan TBC gratis dengan BPJS perlu diketahui siapapun.

Sebab banyak orang rentan dan memiliki risiko tersendiri terkena TBC, maka sangat penting mengetahui cara mendapatkan pengobatan TBC gratis dengan BPJS.

Untuk mengetahui syarat dan cara mendapatkan pengobatan TBC gratis dengan BPJS, simak selengkapnya berikut ini.

Cara Mendapatkan Pengobatan TBC Gratis dengan BPJS Kesehatan

Dilansir dari Kompas, penyakit tuberkulosis termasuk dalam daftar 144 penyakit yang ditanggung BPJS Kesehatan tahun 2022.

Adapun untuk pelayanannya, peserta BPJS Kesehatan bisa mendapatkan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat peserta terdaftar. FKTP tersebut meliputi Puskesmas, praktik dokter perorangan, praktik dokter gigi, klinik umum dan rumah sakit kelas D Pratama.

Bentuk pelayanan yang diberikan di antaranya bisa untuk pemeriksaan awal, operasi, rawat inap, berobat jalan, pembelian obat, dan masih banyak lagi.

Sebagai informasi, tuberkulosis (TBC) atau TB adalah penyakit menular akibat infeksi bakteri.

TBC umumnya menyerang paru-paru, tetapi juga dapat menyerang organ tubuh lain, seperti ginjal, tulang belakang, dan otak.

Indonesia berada di urutan ke–3 negara dengan kasus TBC tertinggi di dunia setelah India dan Cina. Data tahun 2019 menunjukkan, ada sekitar 845.000 penderita TBC di Indonesia.

Penyakit ini dapat berakibat fatal bagi penderitanya jika tidak segera ditangani.

Meski begitu, TBC adalah penyakit yang dapat disembuhkan dan bisa dicegah. Jadi sangat penting, bahkan sekedar untuk melakukan pemeriksaan awal terhadap risiko penyakit TBC.

Baca Juga: Syarat dan Cara Cabut Gigi Susu Gratis dengan BPJS, Para Orang Tua Perlu Pahami