Tips Menghindari Kontaminasi Silang Saat Menyimpan dan Mengolah Makanan Agar Tetap Higienis

By Yussy Maulia, Rabu, 21 September 2022 | 10:28 WIB
Ilustrasi memasak (Shutterstock)

SajianSedap.com – Sebagian besar sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia berasal dari makanan. Oleh sebab itu, selain harus memilih makanan kaya nutrisi, SaseLovers juga perlu lebih cermat dalam mengolah bahan makanan agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Proses pengolahan bahan makanan yang kurang tepat tidak hanya dapat merusak atau menghilangkan kandungan nutrisinya, tetapi juga memengaruhi rasa dan kualitas makanan.

Tak hanya itu, beberapa kebiasaan mengolah bahan makanan juga dapat memicu penyebaran virus dan bakteri melalui kontaminasi silang. Kondisi tersebut terjadi saat makanan yang terlanjur terkontaminasi bakteri mencemarkan makanan lain yang masih higienis.

Tak hanya itu, kontaminasi silang juga dapat terjadi saat makanan yang higienis bersentuhan dengan tangan manusia atau peralatan masak yang tercemar bakteri.

Baca Juga: Bukan Cuma Bikin Wangi, Masak Nasi dengan Ditambah Daun Pandan Bisa Bikin Hasilnya Seperti Ini, Emak-emak Cobain deh

Seperti diketahui, makanan yang terkontaminasi virus dan bakteri dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan. Lalu, bagaimana cara mengolah bahan makanan yang tepat untuk menghindari kontaminasi silang? Simak tips berikut!

  1. Perhatikan cara penyimpanan makanan

Setelah berbelanja, sebagian bahan makanan yang SaseLovers beli kemungkinan tidak langsung dimasak sehingga harus disimpan di kulkas. Makanan, baik mentah maupun siap saji, yang disimpan dalam satu ruangan yang sama sangat rentan mengalami kontaminasi silang.

Untuk menghindari adanya kontaminasi silang antarmakanan yang disimpan di kulkas, SaseLovers dapat melakukan beberapa cara. Salah satunya dengan menyimpan bahan mentah seperti daging dalam wadah yang tertutup rapat.

SaseLovers disarankan untuk tidak mencuci daging sebelum disimpan ke dalam kulkas. Sebab, bakteri dari air cucian dapat menempel pada permukaan daging. Air yang merembes dari daging juga bisa mengontaminasi makanan lain di dalam kulkas atau freezer.

Baca Juga: Waspada Freezer Burn, Penyebab Kualitas Daging Berkurang Saat Disimpan di Kulkas

Untuk menyimpan sayur dan buah, SaseLovers dapat memanfaatkan rak kontainer khusus yang berada di posisi paling bawah kulkas. Hindari menyimpan makanan matang atau siap saji pada rak yang sama agar tidak tercemar bau dari makanan tersebut.

Selain itu, bahan makanan yang basah sebaiknya disimpan di rak bawah kulkas. Jadi, jika kemasannya bocor, cairan makanan tidak menetes dan mengenai makanan lain yang berada di rak bawahnya.