Resep Gurame Goreng Siram Bumbu, Menu Makan Malam Sedap Dengan Aneka Bahan yang Sederhana!

By Dwi, Senin, 24 Oktober 2022 | 16:00 WIB
Resep Gurame Goreng Siram Bumbu, Sajian Sedap Serba Goreng Untuk Makan Malam (Sajian Sedap)

SajianSedap.com - Resep Gurame Goreng Siram Bumbu bisa jadi ide menu makan malam saat akhir bulan, karena dibuat dengan aneka bahan yang sederhana!

Ditambah lagi, Resep Gurame Goreng Siram Bumbu enak ini sangat mudah dibuat, sehingga pemula sekalipun bisa membuatnya.

Punya stok ikan di rumah dan ingin diolah jadi hidangan yang sedap sebagai menu makan malam? Contek Resep Gurame Goreng Siram Bumbu enak dan mudah dibuat ini.

Baca Juga: Resep Ikan Goreng Mentega Enak Ini Rasanya Tak Kalah Dengan Buatan Resto!

Waktu: 45 Menit

Sajian: 6 Porsi

Bahan:2 buah ikan gurame, ukuran sedang, kerat-kerat1 sendok teh air jeruk nipis1 sendok teh garam500 gram minyak untuk menggoreng

Bahan Tumisan:1/2 buah bawang bombay, iris memanjang2 siung bawang putih, cincang kasar2 cm jahe, iris1 buah jamur karang putih, rendam, potong-potong2 sendok teh kecap ikan2 sendok teh kecap asin1 sendok makan kecap manis3/4 sendok teh garam1/4 sendok teh merica bubuk1/2 sendok teh gula pasir400 ml air4 sendok teh maizena larutkan dengan 4 sendok teh air1 batang daun bawang, iris serong1 sendok teh minyak wijen1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat Gurame Goreng Siram Bumbu:

1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Sisihkan.

2. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe sampai harum. Masukkan jamur. Aduk sampai layu. Tambahkan kecap asin, kecap ikan, kecap manis, garam, merica, dan gula. Aduk rata.

3. Tuang air sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan larutan maizena. Aduk sampai meletup-letup.