Emak-emak Harus Tahu, Ternyata Santan Tak Boleh Dimasak dengan Bahan Makanan Ini, Efeknya Bisa Bikin Sekeluarga Mati Muda

By Amelia Pertamasari, Sabtu, 12 November 2022 | 08:25 WIB
Cara masak santan yang benar. (compuinfoto)

SajianSedap.com - Santan adalah salah satu bahan masakan yang banyak sekali digunakan dalam berbagai olahan masakan Indonesia.

Santan diperoleh dengan cara diesktrak dari daging buah kelapa tua.

Santan berwarna putih seperti susu ini sudah menjadi kebutuhan untuk memasak.

Cara memperoleh santan yaitu dengan metode tradisional memarut daging kelapa matang, setelah itu air dari serat kelapa menggunakan kain tipis untuk mengeluarkan esktrak santan.

Cara lain juga dapat menggunakan mesin khusus memarut dan memeras kelapa. Semakin kental santan maka semakin tinggi kandungan lemak di dalamnya.

Beberapa makanan yang menggunakan santan seperti sayur lodeh, opor, gulai, hingga beragam kue juga membutuhkan bahan ini.

Bahan makanan yang biasanya disandingkan dengan santan adalah daging atau sayur yang mengandung banyak mafaat bagi kesehatan.

Namun perlu diketahui, dalam memasak santan ini ternyata tak boleh dilakukan secara sembarangan karena bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sebab selama ini santan selalu dikaitkan dengan beragam penyakit seperti kolesterol hingga hingga menaikkan risiko penyakit jantung.

Itu berkat kandungan lemak jenuh tinggi yang terdapat dalam santan.

Salah satu cara memasak santan yang salah adalah dengan mencampurnya dengan bahan makanan berikut ini.

Baca Juga: Sentuhan Rasa Gurih Dan Segar Hadir Dalam Semangkuk Resep Soto Ayam Santan