Heboh Pria Asal Bogor Meninggal Hidup Lagi, Ternyata Hanya Akal-akalan Demi Hindari Debt Collector, Begini Cara Menghindari Kredit Macet dan Galbay Pinjaman

By Amelia Pertamasari, Kamis, 17 November 2022 | 17:50 WIB
Akal-akalan pria di Bogor yang pura-pura mati untuk hindari debt collector. (Kolase dari Kompas)

SajianSedap.com -  Baru ini, publik dihebohkan dengan berita pria yang hidup kembali saat sudah di dalam peti jenazah.

Beredar di media sosial, ada sebuah video yang memperlihatkan seorang laki-laki di dalam peti jenazah yang disebut meninggal hidup kembali.

Dari video yang diunggah akun Instagram @infojawabarat, tampak sejumlah warga mengelilingi sebuah peti mati berisi tubuh seorang laki-laki yang mengenakan baju dan celana serta sarung tangan berwarna putih.

Terdengar juga suara antar warga yang sedang melakukan percakapan. "Yang penting ini masih hidup, masih respons, sepatunya buka. Ayo bawa ke rumah sakit," ujar warga dalam video tersebut.

Namun setelah melalui pemeriksaan polisi, terungkap bahwa itu hanya akal-akalan dan rekayasa saja.

Pria berinisial US (40), warga asal Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat melakukan rekayasa bersama istrinya berinisial Y karena terlilit hutang dan menghindari debt collector alias penagih hutang.

Kapolres Bogor AKBP Imam Imanuddin mengungkap, fakta itu didapat setelah proses penyelidikan saksi-saksi saat US dibawa menggunakan ambulans.

Pihaknya mendapatkan fakta, istri pria yang hidup kembali itu sempat berkeluh kesah dengan sopir ambulans.

"Ada fakta yang sedang kami dalami dari pembicaraan dari driver ambulans yang membawa dari Jakarta itu bahwa istrinya berkeluh-kesah sedang dihadapkan oleh utang yang melilit keluarganya dan banyak yang menagih," ungkap Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin di Kampus IPB, Rabu (16/11/2022).

Rencananya, polisi juga akan menyelidiki fakta hukumnya dengan mencoba meminta keterangan US dan istrinya untuk menggali apa yang sebenarnya terjadi di Jakarta.

Saat ini, US dan istrinya Y masih enggan memberikan keterangan, karena masih dirawat di RSUD Kota Bogor.

Baca Juga: Tubuhnya Sudah di Dalam Peti, Pria yang Dikira Meninggal Ini Hidup Kembali di Bogor! Harus Tahu Tanda yang Dialami Orang Jelang Kematian Supaya Tak Terjadi Lagi