6 Rekomendasi Tempat Makan Soto di Solo, Ada yang Jadi Langganan Presiden Jokowi

By Amelia Pertamasari, Kamis, 24 November 2022 | 13:10 WIB
Rekomendasi tempat makan soto di Solo. (Kompas)

SajianSedap.com - Kekayaan kuliner kota Solo memang seperti tak habis-habisnya. Dari masakan tradisional hingga modern, semua lengkap tersedia disini.

Kualitas rasa yang ditawarkan pun tak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa tempat makan di Solo bahkan telah beroleh tempat istimewa di hati para penikmat kuliner dari sejak lama. 

Salah satu kuliner yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kota Solo adalah soto seger khas Solo.

Berbeda dari soto di Jakarta ataupun Jawa Timur, soto di Solo cenderung berkuah bening dengan rasa gurih.

Terdapat beberapa tempat makan soto yang terkenal sekaligus legendaris yang bisa Anda coba berikut ini:

1. Soto Triwindu

Soto Triwindu merupakan salah satu soto kuliner legendaris kota Solo yang sudah buka sejak 1939. Warung soto ini juga telah menjadi langganan keluarga Jokowi ketika pulang kampung.

Soto Triwindu adalah jenis soto daging sapi dengan kuah yang bening agak berwarna kecoklatan dengan rasa gurih dan menyegarkan, sekaligus legit.

Alamat Soto Triwindu di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. Buka setiap hari dari pukul 05.30-15.30 WIB.

Harga per porsi soto dibanderol Rp17 ribu dengan pelengkap seperti jeroan dan gorengan yang dibanderol mulai harga Rp4 ribu.

2. Soto Gading

Baca Juga: Menikmati Kuliner Khas Nusantara Ditemani Pemandangan Pusat Jakarta di Skyloft di All Seasons Thamrin Jakarta