Kini Menyerang Banyak Anak Muda, Gejala Diabetes Ternyata Bisa Dilihat dari Perubahan Kulit Ini, Segera Cek Sebelum Terlambat

By Amelia Pertamasari, Minggu, 27 November 2022 | 13:10 WIB
Gejala diabetes yang tak boleh diremehkan. (Kompas)

SajianSedap.com - Diabetes bukan hanya dialami orang yang sudah berusia lanjut. Remaja ataupun anak muda juga bisa terkena diabetes.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa diabetes yang menyerang anak mudah justru lebih berbahaya.

Hal inilah yang menjadi peringatan penting bahwa diabetes yang dialami di usia muda lebih sangat berbahaya serta sulit untuk ditangani.

Diabetes yang diderita remaja terjadi kemungkinan disebabkan oleh gaya hidup dan masalah kesehatan.

Faktor seperti genetik dapat meningkatkan risiko remaja mengidap diabetes, tetapi banyak gaya hidup tidak sehat yang menjadi masalah utama penyebab anak muda akhirnya memiliki diabetes.

Sementara itu, sebagian besar gejala awal diabetes berasal dari kadar glukosa yang lebih tinggi dari normal dalam darah Anda.

Tanda-tanda peringatan bisa sangat ringan sehingga Anda tidak menyadarinya, terutama berlaku untuk diabetes tipe 2.

Beberapa orang tidak mengetahui bahwa mereka memilikinya sampai mereka mendapatkan masalah dari kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

Sedang diabetes tipe 1, gejala biasanya terjadi dengan cepat, dalam hitungan hari atau beberapa minggu bisa menjadi jauh lebih parah.

Penyakit ini bisa menjadi 'sillent killer' jika tidak diatasi dengan baik, sebab dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, dan dapat menyebabkan masalah pada mata, kulit, dan sistem saraf. 

Berikut ini gejala awal yang perlu Anda perhatikan untuk mewaspadai diabetes.

Baca Juga: Tanpa Minum Obat, Gula Darah Tinggi Bisa Turun Secara Alami Cuma Modal Jeruk, Pengidap Diabetes Intip Cara Mengkonsumsinya