Cara Masak Ayam Ungkep Gurih yang Bumbunya Meresap sampai Ke Tulang, Air Kelapa Jadi Kunci Utamanya

By Virny Apriliyanty, Senin, 5 Desember 2022 | 08:10 WIB
Ayam Kuning dan Air Kelapa ()

SajianSedap.com - Mau bikin ayam ungkep di rumah?Coba deh pakai tips yang satu ini dulu.Ayam ungkep merupakan dasar membuat ayam goreng yang enak.Biasanya, ayam diungkep dulu dengan bumbu sampai matang dan hasilnya nikmat.Nah, kalau mau ayam ungkep yang enak, ada tips yang harus Anda ikuti.Ternyata kita harus menggunakan air kelapa supaya rasanya nikmat maksimal, lo.Yuk, kita simak bersama.Supaya Ayam Ungkep Gurih dan EmpukTahukah Anda kalau air kelapa bisa berfungi untuk mengempukkan daging?Itu sebabnya banyak resep ayam goreng, ayam bakar sampai daging ungkep yang menggunakan air kelapa.Daging jadi terasa lebih lembut dan tidak seret saat dimakan.

Baca Juga: 1000 Kali Lebih Enak dari Ayam Goreng Taiwan, Begini Cara Masak Dada Ayam yang Juicy dan Tidak Sepah

Cara menggunakannya mudah.Ganti saja jumlah air untuk mengungkep daging dengan air kelapa.Tenang, aroma air kelapa tidak akan terasa karena tertutupi dengan aroma rempah dalam bumbu.Air kelapa punya rasa manis alami yang menyenangkan di lidah.Tidak sekuat gula memang.

Kalau mau buat ayam ungkep yang meresap sampai ke tulang, cukup lakukan 1 hal ini sebelum dimasak
Rasanya lembut saja di lidah.Nah, rasa manis air kelapa ini nikmat kalau ditambahkan dalam bumbu pencelup ayam goreng atau bahan kremesan.Dijamin, makin nikmat.Untuk mendapatkan rasa manis ini, gunakan air kelapa muda.Semakin muda, air kelapa akan makin manis dengan rasa asam hanya sedikit.

Baca Juga: 5 Ide Resep Bekal Anak Serba Ayam Goreng Mentega yang Rasanya Mirip Buatan Restoran!

Sebaliknya, kalau tua, air kelapa sudah terasa asam.Selain itu, Air kelapa juga memberikan rasa gurih alami ke dalam makanan. Hasilnya, ayam kuning kita akan punya aroma dan rasa gurih air kelapa yang menyerap sampai ke tulang.Supaya Ayam Ungkep Meresap sampai Ke TulangPembuatan Ayam Goreng Kuning selalu diawali dengan proses penumisan bumbu. Setelah ditumis sampai harum, kita bisa langsung memasukan ayam. Ingat, ayam biasanya akan mengeluarkan air sehingga sebaiknya jangan langsung ditambahkan air dalam jumlah banyak. Kalau sekiranya air kurang, sebaiknya ditambahkan sedikit demi sedikit.Jadi, tambahkan sedikit, begitu air menyusut, tambahkan lagi sedikit, cukup sampai menutupi 3/4 bagian ayam saja. Air yang ditambahkan sedikit demi sedikit ini membuat bumbu jadi lebih meresap ke dalam ayam.Nah, karena dibuat setiap hari, biasanya pedagang akan menyimpan sisa air rebusan ayam kuning di hari ini, untuk dipakai lagi besok.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Kremes Rebon, Menu Serba Ayam Goreng yang Rasanya 2 Kali Lebih Sedap

Jadinya, besok pedagang akan kembali memasak ayam dalam bumbu yang baru, plus juga sisa air rebusan kemarin.Hal ini terus berulang dari hari ke hari sehingga semakin lama, sisa air rebusan itu jadi kunci rasa gurih yang enak banget jika ditambahkan ke ayam kuning.Nah, kita pun bisa mencontoh hal yang sama.Mulai sekarang, coba deh simpan sisa air rebusan ayam kuning lalu masukan ke freezer.Saat 2 atau 3 minggu lagi membuat ayam kuning, tambahkan juga sisa air rebusan tersebut bersama dengan bumbu barunya tentunya.Lama kelamaan, rasa ayam kuning buatan kita dijamin makin enak.