4 Cara Membersihkan Pot Tanah Liat Berlumut Agar Seperti Baru Lagi

By Ulfa, Rabu, 21 Desember 2022 | 18:05 WIB
Simak yuk berikut ini cara membersihkan pot tanah liat dengan mudah (Youtube.com/Christopher Hiedeman)

SajianSedap.com - Bagi yang suka tanaman di rumah, memiliki berbagai pot tentu saja bukan lagi hal yang aneh.

Salah satu pot tanaman yang sering diguankan banyak orang adalah pot terakota atau pot tanah liat.

Pot terakota atau pot tanah liat ini dipilih karena tahan lama dan dapat digunakan selama bertahun-tahun jika dirawat dengan baik.

Pot terakota atau tanah liat adalah wadah taman klasik yang bekerja sangat baik dengan tanaman yang menyukai sistem akar yang lebih kering.

Pot dari tanah liat ini memungkinkan udara dan air bergerak melalui dinding mencegah pembusukan akar dan penyakit tanah.

Karena berpori, mineral dan garam dari tanah pot dan air dapat meninggalkan noda dan endapan pada permukaannya, nih.

Pot juga dapat menampung bakteri berbahaya, jika tidak dibersihkan dengan benar, yang dapat diteruskan ke tanaman atau pot baru berikutnya.

Maka dari itu, kita harus tahu cara membersihkan pot tanah liat ini agar bebas dari lumut dan bakteri, nih!

Cara Membersihkan Pot Terakota yang Berlumut

Seperti melansir dari Thespruce.com, pot terakota—dan semua wadah dan peralatan taman—harus dibersihkan secara menyeluruh setelah menangani tanaman yang sakit atau terinfeksi hama.

Pot tersebut juga harus dibersihkan pada akhir musim tanam, saat tanaman dicabut, atau jika kita membeli bekas yang berisi tanaman di lokasi tumbuh lain.

Sebelum kita memulai membersihkan pot, pastikan pot dikosongkan di luar ruangan agar tidak membuat berantakan di dalamnya ya, Sase Lovers.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Sampah Sisa Bahan Masak untuk Menyuburkan Tanaman, Antigagal Bantu Tanaman Jadi Lebih Hijau