5 Cara Mencegah Anak Stunting Sejak dalam Kandungan, Para Ibu Hamil Jangan Anggap Sepele

By Raka, Rabu, 11 Januari 2023 | 13:25 WIB
Cara mencegah stunting menurut para ahli (Isotek)

SajianSedap.com - Stunting menjadi salah satu momok menakutkan bagi para ibu hamil dan juga para ibu yang sudah memiliki balita.

Studi Kasus Gizi Indonesia telah menemukan bahwa 24,4 persen balita di Indonesia mengalami kekurangan gizi (stunting) pada tahun 2021?

Masalah pertumbuhan anak, khususnya stunting, perlu diperhatikan agar generasi muda Indonesia dapat berkembang secara optimal dan berkontribusi terhadap Indonesia yang lebih maju dan produktif.

Momentum bonus demografi Indonesia yang akan memuncak pada tahun 2030 menjadi kesempatan untuk mengembangkan generasi emas Indonesia, namun masih banyak anak Indonesia yang mengalami gangguan perkembangan yang disebabkan oleh stunting.

Menariknya, permasalahan stunting bukan semata-mata berasal dari faktor genetik namun dari asupan gizi yang belum memenuhi kebutuhan anak.

Oleh karena itu, Ibu dan seluruh masyarakat Indonesia memiliki peran kunci sebagai agen perubahan untuk menangani dan memutuskan rantai stunting.

Bahkan, individu atau pasangan yang belum hamil atau memiliki anak juga perlu memahami pentingnya menjaga asupan gizi diri sendiri agar kelak menghasilkan keluarga dan rumah tangga bebas stunting.

Dalam rangka menyemarakkan Hari Gizi Nasional pada setiap tahunnya yang jatuh pada tanggal 25 Januari, Unilever Indonesia melalui Royco mendukung pola makan sehat serta asupan gizi yangseimbang untuk melawan stunting di Indonesia.

Mengedepankan panduan Kementerian Kesehatan tentang porsi makan “Isi Piringku”, Royco berbagi menu sehat dengan gizi seimbang melalui Program Royco NutriMenu bagi keluarga Indonesia.

Selain itu komitmen Royco dibuktikan dengan inovasi produk yang telah hadir dengan garam beriodium untuk bantu tumbuh sesuai perkembangan anak, sekaligus mencegah terjadinya hidden hunger atau kelaparan tersembunyi.

Dokter spesialis gizi klinik dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK mengatakan, “Stunting merupakan salah satu permasalahan terbesar bagi perkembangan generasi muda Indonesia.

Baca Juga: Program Kerjasama PT Abbott dengan Kemendikbudristek untuk Cegah Stunting Pada Anak