Resep Rawon Lezat Khas Jawa Timur, Menu Istimewa Untuk Makan Siang Nanti

By Dwi, Rabu, 8 Februari 2023 | 09:00 WIB
Resep Rawon, Menu Legendaris Khas Surabaya Dengan Kuah Hitam yang Rasanya Begitu Lezat (Sajian Sedap)

SajianSedap.com - Resep Rawon adalah salah satu hidangan lezat berbahan daging yang berasal dari Jawa Timur dengan ciri khas kuah berwarna hitam.

Warna hitam dari kuah menu lezat dan mudah dibuat satu ini berasal dari keluak, sehingga begitu disajikan, pasti begitu menarik perhatian.

Kalau ingin menghadirkan sajian spesial untuk makan siang nanti, menu berkuah khas Surabaya yang enak dan unik ini bisa jadi pilihannya. 

Baca Juga: Resep Nasi Becek, Menu Lezat Khas Nganjuk yang Bisa Ditiru Untuk Makan Siang Hari Ini

Waktu: 60 Menit

Sajian: 8 Porsi

Bahan:350 gram daging tetelan2.000 ml air2 batang serai, ambil putihnya, memarkan2 cm lengkuas, dimemarkan2 sendok makan garam1/2 sendok teh merica bubuk1 sendok makan gula pasir1 sendok makan air asam jawa (dari 1 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air)10 lembar daun jeruk, buang tulangnya2 batang daun bawang, potong 1 cm3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:5 buah keluak, diseduh1 cm kunyit, dibakar5 butir kemiri, disangrai12 butir bawang merah5 siung bawang putih

Bahan Pelengkap:8 sendok sambal bajak8 buah kerupuk udang8 sendok taoge kecambah4 butir telur asin matang, belah 2

Cara Membuat Rawon Daging:

1. Rebus daging tetelan dan air sampai matang. Saring dan ukur 1.500 ml air kaldunya. Didihkan lagi.

2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas dan serai sampai harum. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Tuang ke dalam rebusan daging. Bubuhi garam, merica bubuk, gula pasir dan air asam jawa. Masak sampai matang.