Bukan Banyak Jajan, Hidup Sehat Bisa GAGAL Total Hanya Karena Perabotan Dapur, ini Alasannya

By Raka, Rabu, 8 Februari 2023 | 13:25 WIB
Solusi hidup sehat dari dapur dengan Greenpan (SESA.ID)

SajianSedap.com - Pernahkah terbayangkan gaya hidup sehat yang dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari malah menjadi sia-sia?

Jika penyebabnya karena kegemaran jajan di luar rumah atau sering mengonsumsi makanan olahan, mungkin masih bisa dikontrol.

Tapi, tanpa kita sadari, peralatan masak yang Anda pakai sehari-sehari di dapur, ternyata mengandung material berbahaya bagi kesehatan tubuh. Inilah yang patut diwaspadai.

Apalagi sampai saat ini masih banyak alat-alat masak seperti panci, penggorengan, bahkan rice cooker yang masih menggunakan lapisan anti-lengket berbahaya.

Salah satu unsur yang paling sering dipakai untuk peralatan masak adalah substansi PFAS (Per- and Polyfluoroalkyl Substances).

Yaitu sebuah substansi kimia oleophobic (antiminyak) dan hydrophobic (antiair).

Karena sifatnya, substansi ini banyak dimanfaatkan dalam industri elektronik, dan otomotif.

Namun, jika digunakan dan terkonsumsi oleh manusia dan hewan, PFAS dapat menimbulkan beberapa gejala efek samping, di antaranya gangguan hormon tiroid hingga kanker (data dari makalah “Temu Wicara Program Studi Magister Teknik Air Tanah Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi dengan Jacobs Engineering,2021) .

PFAS akan terlepas dari permukaan panci ketika terkena panas yang berlebih, dan bercampur dengan makanan yang sedang dimasak.

Maka sia-sialah semua makanan sehat yang Anda sajikan untuk keluarga di rumah, jika masih menggunakan peralatan masak yang mengandung PFAS.

Mengingat efek berbahaya substansi PFAS merupakan efek jangka panjang yang tidak akan terasa dalam waktu dekat, resikonya merupakan silent toxic bagi tubuh.

Baca Juga: Trik Mudah Hilangkan Goresan di Panci, Modalnya Pakai Odol yang Digunakan Seperti Ini