Cara Membersihkan Kerak di Teko Listrik dengan Benar Agar Tak Merusaknya, Cukup Gunakan Cuka Seperti Ini

By Amelia Pertamasari, Sabtu, 11 Maret 2023 | 19:25 WIB
Cara membersihkan teko llistrik dengan benar agar tak merusaknya. (Kompas)

SajianSedap.com - Teko air listrik dimiliki oleh tak sedikit orang di dapur mereka. Sebab kebiasaan meneguk kopi atau teh cukup sering dilakukan oleh banyak orang dan kalangan.

Dengan alat ini, menyeduh air jadi lebih mudah dan praktis jika dibandingkan panci rebus air biasa yang menggunakan kompor.

Teko listrik memungkinkan air untuk bersentuhan langsung dengan elemen pemanas. Dengan demikian, lebih cepat memanaskan minuman dibanding menggunakan kompor.

Karena difungsikan untuk pemakaian jangka panjang, maka penting untuk merawat teko untuk menjaga kualitas dan membuatnya tahan lama.

Salah satu cara merawat teko listrik adalah membersihkannya dengan rutin dan tepat.

Seiring pemakaian, teko listrik dapat dipenuhi kerak seperti garam putih yang membuatnya tidak cukup cepat untuk mendidihkan air.

Air mengandung mineral. Saat mendidih, sebagian mineral akan tertinggal dan terjatuh ke dasar ketel.

Ini akan sangat bermasalah jika air yang dimasak adalah air sadah yang memiliki banyak mineral.

Seiring berjalannya waktu, residu mineral akan menjadi kerak dan menyumbat elemen panas teko listrik. Akibatnya, peralatan elektronik rumah tangga ini tidak bekerja dengan efisien.

Untuk itu, berikut cara membersihkan teko listrik yang kotor ataupun berkerak dengan mudah dan benar agar tidak merusaknya. Yuk simak!

Cara Mencuci Teko Listrik

Untuk menghilangkan kerak dari bagian dalam teko listrik, kamu memerlukan senyawa asam seperti cuka atau bubuk asam sitrat.  Dua bahan ini akan diencerkan dengan air. Berikut selengkapnya:

Baca Juga: Gak Sampai 10 Menit, Noda Teh Membandel di Teko Bisa Hilang Sekali Usap Cuma Pakai 2 Bahan Saja, Dijamin Manjur!