Emak-emak Perhatikan, Kalau Mau Simpan Telur di Kulkas Jangan Sekali-kali Lakukan 1 Hal Ini, Sepele Tapi Efek Buruknya Gak Main-main

By Amelia Pertamasari, Senin, 1 Mei 2023 | 19:25 WIB
Cara menyimpan telur yang benar agar tidak membahayakan. (iStock)

SajianSedap.com - Telur adalah bahan makanan yang serba guna dan seperti paket komplit.

Selain harganya yang murah dibandingkan protein hewani lainnya, rasa telur juga tak kalah nikmat.

Telur juga dapat diolah menjadi berbagai macam olahan dengan cita rasa yang nikmat, mulai dari lauk makan hingga bahan utama pembuatan kue.

Maka tak heran banyak orang menyimpan telur di rumah untuk stok bahan makanan mereka.

Apalagi bahan makanan ini mempunyai masa simpan yang cukup lama, jika disimpan dengan tepat.

Sayangnya tak banyak orang tahu cara menyimpan telur yang benar, mengakibatkan telur bisa rusak.

Salah satu hal yang tak sedikit orang Indonesia lakukan adalah memiliki kebiasaan mencuci telur terlebih dahulu sebelum disimpan.

Sebab, terkadang telur memiliki permukaan yang kotor lantaran beberapa toko langsung menjualnya usai dikeluarkan dari ayam, sehingga memberi kesan kurang higienis.

Selain itu, mencuci telur dapat menjaga kebersihan tangan dan kulkas. Lebih lanjut, ini juga memudahkan proses memasak telur karena lebih menghemat waktu.

Namun, ternyata mencuci telur sebelum disimpan dan dimasak sebaiknya dihindari, seperti dilansir Reader’s Digest. Mengapa?

Mencuci telur sebelum disimpan dan dimasak

Ada beberapa makanan yang tidak menghasilkan apa pun meski dicuci, dan bahkan menjadi lebih berbahaya akibat hal tersebut. Salah satu makanan tersebut adalah telur.

Tidak dapat dipungkiri, banyak orang akan mencuci telur sebelum disimpan atau Dimasak. Ini untuk memastikan tidak ada kotoran dan kuman yang tersisa.