Rekomendasi Makanan Olahan yang Bisa Mendukung Kecerdasan Anak Sambil Belajar Musik

By ADV PI, Senin, 8 Mei 2023 | 18:00 WIB
Ilustrasi anak bermain musik. (DOK. Kursus Musik Ideal)

SajianSedap.com – Pendidikan musik memiliki peran penting dalam membantu tumbuh kembang anak, khususnya anak yang berusia di bawah lima tahun (balita). Pendidikan ini juga akan semakin optimal jika anak mendapatkan asupan nutrisi dengan gizi seimbang.

Seperti diketahui, asupan makanan yang diberikan orangtua dapat memengaruhi perkembangan pola pikir dan kecerdasan anak hingga dewasa.

Sebaliknya, kekurangan asupan nutrisi berpotensi menghambat perkembangan otak dan kemampuan belajar mereka, termasuk saat belajar musik.  

Untuk mendukung tumbuh kembang dan kecerdasan anak, orangtua perlu memberikan sejumlah nutrisi penting.

Pertama, protein. Nutrisi ini dibutuhkan untuk membantu perkembangan otot dan jaringan tubuh anak. Kekurangan asupan protein dapat menyebabkan penurunan kemampuan kognitif dan mental.

Sementara itu, asupan protein yang tepat dapat membantu memperkuat otot dan koneksi saraf yang diperlukan dalam pembelajaran musik.

Kedua, karbohidrat kompleks. Nutrisi yang banyak terkandung dalam roti gandum, sereal, dan nasi merah itu memberikan energi yang tahan lama bagi anak.

Baca Juga: Sumber Kecerdasan Anak Sangat Mungkin Bersumber dari Makanan, Tak Sulit dan Murah Mendapatkannya

Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, anak dapat menyerap informasi dengan baik dan tetap fokus saat belajar musik

Ketiga, asam lemak omega 3. Nutrisi ini dapat mendukung fungsi kognitif anak. Dengan kata lain, asam lemak omega 3 dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak selama latihan bermusik. Adapun nutrisi ini bisa ditemukan dalam ikan salmon, sarden, dan biji rami.

Keempat, sayuran hijau. Sayuran, seperti bayam, kale, serta brokoli, mengandung vitamin dan mineral penting yang membantu meningkatkan kemampuan belajar serta daya ingat anak.

Resep masakan dengan kandungan nutrisi seimbang