Tak Cukup Dicuci Air Keran, Begini Cara Menghilangkan Lapisan Lilin di Kulit Buah Agar Benar-benar Bersih

By Amelia Pertamasari, Jumat, 19 Mei 2023 | 15:10 WIB
Cara mencuci buah dari lapisan lilin. (Google)

SajianSedap.com Buah harus selalu dicuci sebelum dikonsumsi. Hal ini penting untuk menghilangkan kotoran, pestisida, atau residu bahan kimia yang mungkin ada pada kulit buah.

Selain itu, mencuci buah juga membantu mengurangi risiko kontaminasi bakteri atau virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Dengan mencuci buah, kita dapat memastikan bahwa buah yang kita konsumsi bersih dan aman untuk dikonsumsi, sehingga menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh.

Sebab tak hanya kotoran saja yang menempel, ada lapisan lilin yang digunakan oleh pabrik.

Bagaimana cara membersihkan lapisan ini? Simak dulu apa lapisan lilin ini berikut.

Lapisan Lilin pada Buah

Orang Cina diketahui telah menggunakan lilin sebagai lapisan pengawet sejak abad ke-12 dan ke-13, menurut situs web Science Direct.

Berbagai lilin dan resin masih digunakan untuk tujuan tersebut, beberapa sintetis dan lainnya berasal dari sumber alami.

Namun, lilin mencegah buah dan sayuran "bernafas", yang dapat menyebabkan pembusukan pada beberapa produk.

Pelapis yang lebih baru seperti metilselulosa, berasal dari dinding sel tanaman, memberikan perlindungan produk terhadap jamur dan kerusakan sambil tetap memungkinkan respirasi alami.

Anda mungkin ingin membersihkan buah Anda dari lapisan ini.

Lalu bagaimana cara tepat membersihkannya? Simak berikut ini.

Baca Juga: Trik Mencuci Buah untuk Menghilangkan Pestisida, Bakal Lebih Sehat Kalau Direndam dengan 5 Sendok Bahan Dapur Ini