Kasih Tahu Tetangga Satu Komplek, Ini Penyebab Rumah Sering Bau Apek dan Jamuran, Harus Segera Diatasi Agar Tak Makin Bermasalah

By Amelia Pertamasari, Selasa, 30 Mei 2023 | 09:10 WIB
Penyebab dan cara mengatasi rumah bau apek dan jamuran. (nicoletaionescu)

SajianSedap.com - Rumah sebagai hunian harus selalu nyaman agar penghuninya merasa nyaman dan dapat beristirahat dengan baik.

Rumah yang nyaman menciptakan lingkungan yang baik untuk kesehatan dan kesejahteraan penghuninya.

Faktor-faktor seperti suhu yang nyaman, sirkulasi udara yang baik, dan pencahayaan yang cukup dapat berkontribusi pada kenyamanan fisik dan mental penghuni rumah.

Sayangnya, beberapa hal yang tak terhindarkan bisa membuat rumah terasa tak nyaman. Salah satu yang kerap terjadi adalah munculnya bau apek karena kelembapan yang menyebabkan terbentuknya jamur dan lumut.

Seiring dengan bau yang menyengat, hal ini dapat memengaruhi kualitas udara dan menyebabkan gejala alergi seperti bersin, mengi, dan sakit kepala.

Lebih buruk lagi, jamur seperti Aspergillus dan Stachybotrys menghasilkan racun yang berbahaya bagi kesehatan.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk mempertimbangkan sumber bau apek lainnya di rumah karena pertumbuhan jamur tertentu harus dihilangkan demi alasan keamanan.

Untungnya, sebagian besar bau apek tidak berbahaya dan tidak memerlukan perbaikan profesional.

Anda bisa mulai dengan membersihkan dan mengatasi dari benda-benda rumah yang menjadi potensi sumber kelembaban dan tumbuhnya jamur.

Apa saja? Simak berikut ini selengkapnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Rumah Sering Bau Apek dan Jamuran

Berikut beberapa penyebab bau apek di rumah dan cara mengatasinya dengan mudah untuk dilakukan sendiri.

Baca Juga: Trik Jitu Membuat Kipas Angin Bisa Sedingin AC, Cuma Lakukan 1 Trik Ini Bikin Satu Rumah Terasa Sejuk, Buktikan deh!