Penting Cegah Stunting! Cara Paling Mudah Salah Satuya Rajin Mengonsumsi Ikan dalam Menu Sehari-hari, Seperti Ikan Sarden ABC Sardines, Begini Cara Mengolahnya Agar Tak Bosan!

By Intan Yusan S, Rabu, 28 Juni 2023 | 14:40 WIB
Sarden Krispi Saus Lemon ()

Sajiansedap.com – Saat ini Pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya mengampanyekan pencegahan stunting. Stuntinhg merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis.

Stunting tentu bisa berdampak negatif pada perkembangan fisik, kognitif, serta kesehatan anak. Salah satu cara yang mudah dilakukan oleh siapa saja untuk mencegah stunting adalah mengonsumsi makanan bergizi kaya protein hewani, terutama ikan.

Sebagai salah satu sumber protein tinggi yang berasal dari hewani, ikan memiliki beragam keunggulan dibandingkan produk atau sumber pangan hewani lainnya.

Apalagi, ikan mengandung asam amino esensial, lemak tak jenuh, DHA, EPA, omega 3, vitamin, juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menutrisi otak, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu proses pertumbuhan jaringan.

 

Ikan Sumber Protein Hewani

Baca Juga: Resep Bola-Bola Sarden, Inspirasi Menu Takjil Buka Puasa Dengan Rasa yang Sempurna

 Baca Juga: Tips Masak Sarden Kaleng Biar 100 Kali Lebih Enak dan Gak Amis, Cukup Tambahkan Bumbu ini Saat Mulai Masak

BERAGAM MANFAAT MAKAN IKAN

Beberapa jenis ikan yang baik dikonsumsi untuk mencegah stunting di antaranya ikan patin, ikan lele, ikan tongkol, ikan sarden, dan ikan salmon.

Berbagai jenis ikan ini bisa diolah menjadi berbagai macam sajian yang disukai banyak orang, termasuk anak-anak. Misalnya, siomay, otak-otak, kaki naga, bakso ikan, nugget ikan, ikan goreng balut tepung krispi, ikan balado, dan lainnya.

Dengan membiasakan makan ikan dan mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan bergizi yang seimbang, diharapkan tidak hanya bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, emalinkan juga mendukung program pemerintah dalam percepatan penurunan stunting di Indonesia.

Selanjutnya, keuntungan lain dari makan ikan juga dapat memberi manfaat lebih pada tubuh kita, terutama anak-anak yang mengonsumsinya secara rutin, di antaranya meningkatkan daya ingat, menurunkan risiko penyakit jantung, hingga menjaga kesehatan kulit dan rambut, lo!