Gultik, Kuliner Kaki Lima Legendaris yang Jadi Andalan Warga Jakarta

By Amelia Pertamasari, Jumat, 7 Juli 2023 | 19:05 WIB
Kuliner gultik atau gulai tikungan Blok M. (PergiKuliner.com)

SajianSedap.com Gultik atau gulai tikungan menjadi salah satu andalan kuliner kaki lima warga Jakarta yang juga populer di berbagai daerah di Indonesia.

Ini adalah hidangan khas Indonesia yang berbahan dasar daging yang dimasak dalam kuah kental berbumbu rempah-rempah.

Gulai tersebut kemudian disajikan dengan tambahan ketupat atau nasi, serta ditaburi bawang goreng dan daun bawang sebagai hiasan.

Rasa gulai yang gurih dan kaya rempah membuat Gultik menjadi makanan favorit banyak orang.

Salah satu sentra kuliner di Jakarta dengan keragaman kulinernya yakni Blok M menjadi tempat yang paling terkenal menyajikan Gultik, baik di gerobak atau kedai-kedai kecil.

Kemungkinan besar, karena popularitas Gultik di Jakarta, beberapa penjual atau warung di Blok M menjadikannya sebagai spesialisasi mereka, sehingga mungkin ada beberapa penjual atau warung yang dikenal dengan sebutan "Gultik Blok M".

Untuk mengenal lebih lengkap tentang gultik, berikut ini ada sejarah bagaimana kuliner kaki lima ini bisa melegenda dan juga resep membuatnya yang bisa Anda coba.

Mengenal Kuliner Gultik atau Kuliner Tikungan

Gulai tikungan atau gultik merupakan salah satu kuliner yang paling legendaris di Jakarta.

Sentra kuliner ini berada di tikungan Jalan Mahakam, Blok M, Jakarta Selatan (Jaksel). Dinamakan gulai tikungan karena banyak pedagang gulai yang mangkal di tikungan jalan tersebut.

Di tikungan Blok M tersebut Anda bisa menemukan banyak pedagang kaki lima yang berjejer di sepanjang jalan.

Walaupun tergolong kuliner kaki lima, gultik selalu ramai pengunjung. Mulai yang bermobil sampai pejalan kaki pun pernah makan di sini.

Baca Juga: Terkenal Seantero Negeri, Ini Sejarah Pecel Lele Lamongan yang Tidak Ada 'Pecel' di Dalamnya