Peringati Hari Anak Nasional 2023, Menteri KPPPA Bintang Puspayoga Sebut Harapannya Agar Anak Indonesia Siap Menjadi Agen Perubahan di Masa Mendatang

By Intan Yusan S, Senin, 24 Juli 2023 | 19:21 WIB
Hari Anak Nasional 2023 ()

SajianSedap.comHari Anak Nasional 2023 jatuh pada hari Minggu, 23 Juli 2023. Untuk menyambut dan memperingati Hari Anak Nasional tahun ini, Majalah Bobo dan Nakita.id mengadakan Instagram Live bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bingtang Puspayoga, pada Jumat (21/7) lalu.

Acara ini dilakukan melalui tagar #BeraniKarenaPeduli – Anak-anak Harus Berani Menjadi Agen Perubahan.

Di era globalisasi ini, anak-anak tentu sangat diharapkan untuk bisa menjadi generasi unggul sekaligus agen perubahan terbaik bagi Generasi Indonesia Emas 2045.

Agar anak dapat menjadi agen perubahan yang berkualitas baik, peran orangtua juga sangat diperlukan.

Di antaranya dengan menerapkan pola asuh yang tepat, serta memberikan lingkungan yang ramah anak.

Selain orangtua, peran banyak pihak termasuk pemerintah juga sangat diperlukan.Tujuannya, tentu saja agar terbentuk kepribadian anak yang baik, kuat, tangguh, juga percaya diri.

ANAK TERLINDUNGI, INDONESIA MAJU

Hari Anak Nasional 2023 ini pemerintah mengusung tema besar “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Bintang Puspayoga, selama tiga tahun berturut-turut tema besar Hari Anak Nasional masih sama.

"Tagline-nya yang berbeda-beda, demikian juga subtema kami sesuaikan dengan situasi yang berkembang di tahun tersebut," ujar Bintang dalam acara Instagram Live bersama Majalah Bobo dan Nakita.id Jumat (21/7) lalu.

Mengingat jumlah populasi anak sepertiga dari total populasi di Indonesia, Bintang menekankan, perlindungan anak menjadi sangat penting bagi masa depan bangsa dan negara Indonesia.

"Hari Anak Nasional akan menjadi pengingat bagi kita semua untuk memberikan pemenuhan hak dan perlindungan kepada anak-anak," tukasnya. "Inilah kenapa kita semua harus hadir guna memenuhi kepentingan anak," imbuhnya.

Anak sebagai Agen Perubahan.