Kaum Hawa Harus Tahu, Belajar dari Andien Aisyah yang Kena Kanker Payudara di Usia Muda, Sering Makan Daging Jenis Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Utamanya

By Amelia Pertamasari, Rabu, 9 Agustus 2023 | 13:10 WIB
Andien Aisyah pernah mengidap kanker payudara di usia muda. (Kolase Kompas)

SajianSedap.com Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok dan kekhawatiran bagi sebagian kaum hawa.

Sebab penyakit ini terbukti telah menjadi salah satu penyebab angka kematian tertinggi, termasuk di Indonesia.

Meski begitu, tak sedikit pula yang berhasil sembuh dari penyakit kanker ini setelah menjadi pengobatan dan perawatan, salah satunya Andien Aisyah, penyanyi berbakat Indonesia.

Diungkap oleh Andien bahwa ia pernah mengidap penyakit ini saat masih muda. Diceritakan oleh Andien, penyakit ini muncul ketika duduk bangku kelas 2 SMA saat dirinya masih berusia 16 tahun.

Pada saat itu, secara tak sadar Andien Aisyah menemukan sebuah benjolan di payudaranya. Setelah diperiksa ke medis, dokter mengatakan jika benjolan itu adalah sebuah tumor dan menyarankan Andien untuk segera melakukan operasi.

Ketika itu Andien merasa kaget karena di keluarganya tidak ada yang memiliki riwayat penyakit berbahaya tersebut.

Karenanya, ia pun penasaran bagaimana dirinya bisa terkena penyakit ini. Sepengetahuan Andien, kanker payudara juga hanya menyerang wanita yang sudah menikah, sudah punya anak, menyusui, dan berusia 30 tahun ke atas.

Dari dokternya ia dijelaskan bahwa tumor dan kanker payudara bisa menyerang wanita karena gaya hidup, termasuk asupan makanan.

Bagaimana bisa? Simak berikut penjelasannnya.

Makanan Penyebab Kanker Payudara

Dilansir dari BreastCancer, sekitar 30 persen sampai 40 persen penyakit kanker dipengaruhi pola makan tidak sehat, termasuk kanker payudara.

Penyakit ini cenderung menyerang wanita yang terbiasa mengonsumsi makanan berlemak jahat dan tinggi kalori. Terutama jika pola makan tidak sehat ini dijalankan sejak anak perempuan memasuki masa pubertas.

Kebiasaan ini bisa memicu obesitas dan kelebihan berat badan yang menjadi faktor risiko penyebab kanker payudara.