4 Minuman untuk Membersihkan Ginjal 'Kotor', Bantu Buang Racun dari Tubuh dan Lancarkan Aliran Darah

By Amelia Pertamasari, Jumat, 25 Agustus 2023 | 09:10 WIB
Minuman sehat yang dapat membersihkan atau detoks ginjal. (Kolase dari Freepik)

SajianSedap.com - Ginjal adalah sepasang organ yang berfungsi menyaring darah dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui kandung kemih saat Anda buang air kecil.

Dengan demikian sangat penting menjaga kesehatan ginjal mengingat fungsinya yang begitu vital.

Jika tak dijaga dengan baik, ginjal dapat mengalami penurunan fungsi. Salah satu penurunan fungsi ginjal berdampak pada penumpukan limbah dalam tubuh, kondisi ini seringkali digambarkan sebagai kondisi ginjal kotor.

Untuk diketahui, dalam medis tidak dikenali istilah ginjal kotor, yang ada adalah penyakit ginjal akibat penurunan fungsinya, hingga mencapai gagal ginjal.

Jadi yang dimaksud oleh banyak orang mengenai ginjal kotor adalah penyakit ginjal.

Ketika organ ini sudah tidak berfungsi normal atau kehilangan kemampuan untuk menyaring limbah dari darah, maka Anda akan mengalami penyakit ginjal.

Kondisi tersebut menyebabkan racun menumpuk di tubuh dan bisa mengancam jiwa jika tidak mendapat perawatan segera.

Adapun cara merawat ginjal untuk mencegah hal itu, yang sudah dianjurkan sejak lama, adalah minum air putih sesuai anjuran.

Tapi tak hanya itu, Anda juga bisa mencoba minuman lain seperti berikut ini yang terbukti baik untuk membantu detoks ginjal lebih optimal. Yuk simak.

Rekomendasi Minuman Sehat untuk Membersihkan Ginjal Kotor

Beberapa minuman berikut memiliki kandungan dan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan sekaligus mengoptimalkan fungsi ginjal.

Melansir laman Global Healing, berikut rekomendasi minuman sehat yang dapat membantu proses detoks ginjal.

Baca Juga: Iseng-iseng Petik Daun ini di Pinggir Jalan Lalu Rebus dan Minum Airnya Hangat-hangat, Penyakit Batu Ginjal Bisa Sekejap Lenyap!