Praktis! Semudah Ini Cara Ampuh Membuat Resep Opor Ayam Pedas yang Rasanya Juara

By Dwi, Senin, 23 Oktober 2023 | 09:00 WIB
Cara Ampuh Membuat Resep Opor Ayam Pedas Agar Hasilnya Enak Maksimal, Pemula Wajib Simak! (Sajian Sedap)

SajianSedap.com - Ingin membuat Resep Opor Ayam Pedas yang rasanya enak maksimal? Begini cara ampuh membuatnya!

Kuah santan yang kental dan juga gurih, membuat menu tradisional ini bisa kita andalkan untuk jadi menu utama makan siang hari ini.

Meskipun tidak jago masak, kita bisa menghadirkan opor yang lezat kalau mencontek menu sederhana berikut hingga selesai.

Waktu: 60 Menit

Sajian: 4 Porsi

Bahan:1/2 ekor ayam, potong 8 bagian250 ml santan kental dari 1 butir kelapa1.400 ml santan encer dari sisa perasan santan kental1 sendok makan air asam jawa2 batang serai, memarkan4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya2 lembar daun salam2 cm lengkuas, memarkan1 sendok makan garam1 sendok makan gula merah, sisir1/4 sendok teh merica bubuk2 sendok makan minyak untuk menumis2 sendok makan minyak untuk menumis2 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan

Bumbu Halus:4 butir kemiri, sangrai2 cm kunyit, bakar3 siung bawang putih6 butir bawang merah3 buah cabai merah besar1 sendok teh ketumbar1/4 sendok teh jinten2 cm jahe

Cara membuat Opor Ayam Pedas:

1. Lumuri ayam dengan air asam jawa. Diamkan 15 menit.

2. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan garam, merica, dan gula merah. Aduk rata.

3. Tuang santan encer secara bertahap sampai santan berkurang separuh.

4. Masukkan santan kental. Masak sampai mendidih dan meresap.