Bertahun-tahun Pakai kok Gak Tahu, Lempengan Besi pada Tabung Gas Elpiji Ternyata Punya Fungsi Penting Ini, Bukan Ditempel Sembarangan!

By Amelia Pertamasari, Senin, 30 Oktober 2023 | 15:40 WIB
Fungsi lempengan besi di gas LPG. (Kompas)

SajianSedap.com - Masyarakat mengenal elpiji sebagai bahan bakar yang digunakan untuk kompor gas, kompor yang banyak dipakai orang Indonesia.

Ini merupakan gas berupa LPG (liquefied petroleum gas) atau gas minyak cair yang berfungsi menghidupkan perapian kompor gas.

Energi gas seperti dari LPG (Liquefied Petroleum Gas) ini akan menghasilkan api yang digunakan untuk memasak atau memanaskan makanan menggunakan kompor gas

Gas LPG ini disimpan dalam tabung berbentuk silinder dengan jumlah volume tertentu yang akan habis setelah pemakaian.

Ketika gas dalam tabung LPG telah habis, maka tabung gas tersebut perlu diganti dengan yang baru atau yang telah diisi ulang di toko penyedia gas LPG.

Sebagai informasi, di Indonesia setidaknya ada enam jenis gas elpiji yang diedarkan di masyarakat.

Itu termasuk gas elpiji ukuran 3 kg, 12 kg, dan 50 kg, lalu ada bright gas dengan ukuran 5,5 kg dan 12 kg serta gas elpiji non-subsidi.

Nah, ketika Anda pergi mengisi ulang gas Anda, pernahkah Anda mendapatkan tabung gas elpiji dengan disertai adanya lempengan di bagian atas atau pegangannya.

Adanya benda ini bukan tanpa alasan, namun memiliki fungsi khusus dari Pertamina selaku produsen gas LPG.

Apa fungsinya? Simak berikut ini selengkapnya.

Penjelasan Pertamina

Kompas.com menghubungi Unit Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan.

Baca Juga: Kata Siapa Kebetulan, Ini Alasan Kenapa Popcorn Identik dengan Bioskop, Ini Fungsi Pentingnya yang Tak Banyak Orang Tahu