Saking Lezatnya Sajian Daging Kambing yang Disantap Saat Pergi Berhaji, Sang Sultan Banten Berhasil Populerkan “Rabeg” Sebagai Menu Tradisional Khas Daerahnya

By Intan Yusan S, Rabu, 22 November 2023 | 12:10 WIB
Rabeg, sajian daging kambing khas Banten. (Agung PW)

Sajiansedap.com – Pernahkah mendengar kuliner khas asal Serang, Banten yang bernama “rabeg”?

Sajian yang aslinya terbuat dari bahan daging kambing yang dibumbui dengan berbagai bumbu rempah ini memiliki sejarah yang cukup unik, lo!

Konon, dikisahkan seorang sultan dari Banten yang memimpin wilayah tersebut di kala itu, adalah Sultan Maulana Hasanuddin.

Suatu ketika beliau berangka ke Mekkah untuk menunaikan rukun Islam yang ke-5, yakni naik haji. Di masa lalu, orang-orang Indonesia yang akan berhaji masih menggunakan kapal laut.

Sebelum sampai ke Mekkah, beliau diceritakan mampir ke sebuah kota pelabuhan yang menjadi persinggahan pertamanya sebelum menunaikan ibadah haji sepenuhnya.

Sang sultan disebutkan sangat terkesima dengan keindahan kota pelabuhan pertama yang disinggahinya ini. Letak kota Pelabuhan ini berada di tepi Laut Merah.

Kota pelabuhan yang konon di masa lalu sangat indah itu bernama “Rabiq”.

Baca Juga: RABEG

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Cara Ampuh Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing, Pedagang Sate Belum Tentu Tahu!

TERKESAN CITA RASA SAJIAN DAGING KAMBING

Ternyata sang sultan tak hanya terkesima oleh keindahan kota Rabiq saja, tapi beliau juga dikisahkan amat terkesan dengan sajian kuliner yang sempat beliau cicipi di sana.

Ketika itu, beliau disebutkan menyantap sebuah hidangan khas kota tersebut yang terbuat dari daging kambing.

Singkat cerita, sepulangnya beliau dari Tanah Suci, ternyata beliau mengaku sangat terkesan dengan masakan tradisional kota Rabiq tersebut.